Siapa Mau Panjang Umur?




Sabtu, 6 Juli 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Amsal 6-9

Amsal 9:11 (TB)  Karena oleh aku umurmu diperpanjang, dan tahun-tahun hidupmu ditambah.

Kata "aku" dalam ayat tersebut adalah kata ganti dari "hikmat" yang menjadi intisari dari Amsal 9. Mengapa karena oleh hikmat umur bisa diperpanjang?
Berikut beberapa hal yang bisa direnungkan.

1. Dengan hikmat menjaga pikiran dan hati agar tidak kacau dan stres menghadapi beban hidup. Kehidupan rohani yang baik akan mendatangkan sukacita dan damai sejahtera.
Penelitian mendapati bahwa kualitas rohani dan mental yang baik akan meningkatkan usia harapan hidup.

2. Dengan hikmat menjaga pola makan dan gaya hidup sehat sehingga meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup. Tidak sembarangan mengkonsumsi makanan yang berkolesterol tinggi. Menjaga istirahat yang cukup. Kesehatan yang prima akan meningkatkan usia harapan hidup.

3. Dengan hikmat akan meningkatkan kewaspadaan dan ketelitian dalam pekerjaan maupun ketaatan dalam perjalanan sehingga mengurangi resiko kecelakaan yang bisa mengakibatkan kematian.

4. Dengan hikmat menjauhi kebiasan buruk seperti merokok, mengkonsumsi miras dan narkoba, berjudi atau begadang sampai larut malam sehingga menyebabkan kesehatan tubuh semakin menurun.

5. Dengan hikmat menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sehingga mengurangi potensi penyebab penyakit berkembang dan menyerang tubuh.

Banyak orang ingin umur panjang, tetapi tidak diimbangi dengan menjaga kualitas kehidupan yang baik. Sekalipun umur di tangan Tuhan, tetapi merupakan tanggung jawab kita untuk menjaga kualitas kehidupan jasmani dan rohani tetap berkualitas. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages