Kemuliaan Kedar Akan Pudar



Jumat, 26 Juli 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 19-21

Yesaya 21:16-17 (TB)  Sebab beginilah firman Tuhan kepadaku: "Dalam setahun lagi, menurut masa kerja prajurit upahan, maka segala kemuliaan Kedar akan habis.
Dan dari pemanah-pemanah yang gagah perkasa dari bani Kedar, akan tinggal sejumlah kecil saja, sebab TUHAN, Allah Israel, telah mengatakannya."

Siapakah bani Kedar? Mereka adalah keturunan Ismael, anak Abraham yang lahir dari Hagar (gundiknya). Dalam sejarah Kerajaan Allah, jelaslah bahwa Ismael bukanlah anak perjanjian. Dari Kedar bertumbuh menjadi bangsa yang besar yaitu Arabia seperti yang dinubuatkan dalam Yesaya 21:13-17. Apa yang akan terjadi di masa yang akan datang?

1. Kemuliaan Kedar akan habis.
Bukan sebuah kebetulan jika Alkitab menubuatkan kemuliaan Kedar (Arabia) akan habis. Lihatlah bahwa saat ini bangsa Arab bukan lagi bangsa yang besar yang disegani di Timur Tengah. Secara sumber daya, minyak bumi yang selama ini menjadi andalan mereka akan menjadi habis, sehingga mereka mulai menggali sumber daya lain sebagai penggantinya. Saat ini Kerajaan Arab membuka investasi yang besar-besaran dari dunia luar, yaitu Amerika, Eropa, China, Rusia dan sebagainya yang dahulu mereka pandang sebagai bangsa-bangsa "kafir". Di Arab sendiri bahasa Inggris menjadi bahasa elit dan pengaruh budaya barat mulai masuk ke dalam sendi-sendi peradaban.
Di samping Arab sendiri, negara-negara di wilayah Teluk saat ini juga mengalami keguncangan. Mesir, Turki, Suriah, Iran, Irak, Kuwait, Qatar mengalami perang dingin satu dengan yang lain. Justru negara-negara asing yang mengambil keuntungan dan pengaruh atas mereka. Sesuai nubuatan Alkitab, kita percaya suatu saat kemuliaan mereka akan pudar.

2. Kemuliaan Sion akan bersinar.
Nabi Yesaya menubuatkan kemuliaan Sion, yaitu gereja-Nya.

Yesaya 2:2-3 (TB)  Akan terjadi pada hari-hari yang terakhir: gunung tempat rumah TUHAN akan berdiri tegak di hulu gunung-gunung dan menjulang tinggi di atas bukit-bukit; segala bangsa akan berduyun-duyun ke sana,
dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata: "Mari, kita naik ke gunung TUHAN, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya, dan supaya kita berjalan menempuhnya; sebab dari Sion akan keluar pengajaran dan firman TUHAN dari Yerusalem."

Yesaya 60:1, 3, 7 (TB)  Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu.
Bangsa-bangsa berduyun-duyun datang kepada terangmu, dan raja-raja kepada cahaya yang terbit bagimu.
Segala kambing domba Kedar akan berhimpun kepadamu, domba-domba jantan Nebayot akan tersedia untuk ibadahmu; semuanya akan dipersembahkan di atas mezbah-Ku sebagai korban yang berkenan kepada-Ku, dan Aku akan menyemarakkan rumah keagungan-Ku.


Jangan takut atau pesimis dengan keadaan kekristenan yang saat ini menjadi "minoritas". Percaya kepada firman Tuhan suatu saat kemuliaan Kedar akan habis dan Sion, umat Tuhan akan bersinar sehingga bangsa-bangsa berduyun-duyun datang kepada Tuhan.
Tetap semangat dan Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages