Menyenangkan Tuhan



Rabu, 3 Juli 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 146-150

Mazmur 147:11 (TB)  TUHAN senang kepada orang-orang yang takut akan Dia, kepada orang-orang yang berharap akan kasih setia-Nya.

Banyak orang Kristen berkata dan menyanyi bahwa mereka ingin menyenangkan Tuhan, namun tidak tahu bagaimana caranya. Mazmur 147:11 memberikan jawaban bagaimana cara menyenangkan Tuhan.

1. Hidup takut akan Tuhan.
Apakah yang dimaksud takut akan Tuhan? Dalam terjemahan FAYH digunakan arti menghormati Tuhan, sedangkan terjemahan BIMK artinya takwa, yaitu mentaati perintah Tuhan dan menjauhi larangan-Nya.
Salomo menulis dalam Amsal 8:13 (TB)  Takut akan TUHAN ialah membenci kejahatan; aku benci kepada kesombongan, kecongkakan, tingkah laku yang jahat, dan mulut penuh tipu muslihat.
Jadi takut akan Tuhan bukanlah ketakutan seperti kepada marabahaya atau suatu kuasa yang besar, melainkan sikap hidup yang menghormati Tuhan, mentaati perintah Tuhan dan membenci kejahatan yaitu hidup dalam kekudusan.

2. Berharap akan kasih setia Tuhan.
Berharap artinya menantikan, percaya dan mengandalkan Tuhan. Orang yang berharap kepada Tuhan akan senantiasa mengharapkan kasih dan kebaikan hati Tuhan dalam hidupnya.
Mazmur 33:18-19 (TB)  Sesungguhnya, mata TUHAN tertuju kepada mereka yang takut akan Dia, kepada mereka yang berharap akan kasih setia-Nya,
untuk melepaskan jiwa mereka dari pada maut dan memelihara hidup mereka pada masa kelaparan.

Daud adalah seorang pribadi yang sangat dekat dengan Tuhan sebab ia selalu berharap akan kasih setia Tuhan.
Nantikanlah Tuhan setiap hari, bukan hanya berkat-berkat-Nya melainkan persekutuan bersama-Nya. Dalam persekutuan dengan Tuhan, kita bisa menikmati kasih dan kebaikan Tuhan.

Menyenangkan Tuhan bukanlah kata-kata picisan, tetapi memiliki arti yang sangat dalam yaitu hidup takut akan Tuhan dan berharap kepada kasih setia-Nya. Mulai lakukan gaya hidup yang takut akan Tuhan dan berharap kepada-Nya melalui persekutuan yang intim dengan Tuhan. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages