Tetap Teguh Dan Bertambah Kuat



Minggu, 26 Mei 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Ayub 16-18

Ayub 17:9 (TB)  Meskipun begitu orang yang benar tetap pada jalannya, dan orang yang bersih tangannya bertambah-tambah kuat.

Penderitaan yang dialami Ayub terjadi bukan dalam waktu singkat. Ketika Ayub jatuh, miskin dan penyakitan, musuh-musuhnya bersorak dan tak henti-hentinya mengejek serta mencemoohnya. Tetapi Ayub memiliki keyakinan yang kuat, bila ia tetap setia, percaya kepada Tuhan serta melakukan firman-Nya maka ia tetap teguh dan akan bertambah kuat.

Pencobaan dan tantangan di dalam dunia semakin besar. Dosa semakin beranak-pinak, manusia semakin jahat  bahkan seolah perbuatan dosa sudah semakin lazim dilakukan. Standar kebenaran semakin turun. Memaki-maki, memfitnah dan menyebarkan hoaks sudah biasa di media sosial. Orang-orang tidak lagi dapat berpikir dengan waras tentang uang, bisnis ataupun politik. Dunia semakin dekat melalui internet membuat dosa dan pencobaan selalu di depan mata kita setiap hari.

Menyadari tantangan dan pencobaan yang semakin terstruktur, sistematis dan masif saat ini, apakah yang dilakukan oleh orang-orang percaya?

1. Mengandalkan Tuhan.
Orang benar yang dimaksud bukanlah orang yang tanpa dosa, melainkan orang-orang yang percaya kepada Tuhan serta mengandalkan Tuhan.
Jika kita mengandalkan kekuatan sendiri, pasti akan jatuh. Tetapi bila mengandalkan Tuhan, Ia akan siap menolong dan menguatkan saat kita menjadi lemah.

2. Melakukan firman Tuhan.
Bersih kelakuannya yang dimaksud adalah orang-orang yang dengan setia mendengar serta melakukan firman Tuhan.
Yohanes 15:3 (TB)  Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu.
Marilah kita terus bertekun merenungkan dan melakukan firman Tuhan agar semakin membersihkan hidup kita dari dosa dan membangun pondasi iman yang kuat sehingga semakin teguh dan bertambah kuat.

Jadi pesan firman Tuhan hari ini
supaya kita tetap teguh dan bertambah kuat:
1. Jadilah orang yang benar, yaitu percaya dan selalu mengandalkan Tuhan.
2. Jadilah orang bersih, yaitu orang yang selalu mendengar (merenungkan) dan melakukan firman Tuhan.

Selamat hari Minggu, selamat beribadah dan melayani Tuhan. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages