Tangan Tuhan Menolong Umat-Nya




Minggu, 19 Mei 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Ester 4-6

Ester 6:1 (TB)  Pada malam itu juga raja tidak dapat tidur. Maka bertitahlah baginda membawa kitab pencatatan sejarah, lalu dibacakan di hadapan raja.

Mordekhai dan bangsa Yahudi dalam ancaman besar mengalami pemusnahan ... ya rencana pemusnahan seluruh bangsa Israel di kerajaan Babilonia yang akan diadakan oleh Haman. Haman sudah menyiapkan tiang untuk menggantung Mordekai di lapangan kota, seluruh surat perintah sudah didistribusikan ke seluruh negeri.

Malapetaka sudah di depan mata, tetapi pertolongan Tuhan tidak pernah terlambat. Tuhan membuat raja tidak dapat tidur, teringat akan Mordekhai yang pernah berjasa membongkar persekongkolan Bingtan dan Teresh yang telah berikthiar membunuh raja.

Apa yang membuat tangan Tuhan turun untuk menolong umat-Nya?

1. Perkabungan (kesedihan) dari seluruh umat Tuhan.
Ester 4:1 (TB)  Setelah Mordekhai mengetahui segala yang terjadi itu, ia mengoyakkan pakaiannya, lalu memakai kain kabung dan abu, kemudian keluar berjalan di tengah-tengah kota, sambil melolong-lolong dengan nyaring dan pedih.
Ester 4:3 (TB)  Di tiap-tiap daerah, ke mana titah dan undang-undang raja telah sampai, ada perkabungan yang besar di antara orang Yahudi disertai puasa dan ratap tangis; oleh banyak orang dibentangkan kain kabung dengan abu sebagai lapik tidurnya.

2. Doa syafaat dari seluruh umat Tuhan untuk pemimpin.
Ester 4:16 (TB)  "Pergilah, kumpulkanlah semua orang Yahudi yang terdapat di Susan dan berpuasalah untuk aku; janganlah makan dan janganlah minum tiga hari lamanya, baik waktu malam, baik waktu siang. Aku serta dayang-dayangku pun akan berpuasa demikian, dan kemudian aku akan masuk menghadap raja, sungguhpun berlawanan dengan undang-undang; kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati."

Sejarah sebuah bangsa diukir oleh orang-orang yang mau dipakai oleh Tuhan. Mordekhai dan Ester memberi diri untuk dipakai oleh Tuhan menyelamatkan bangsa Yahudi, sehingga tangan Tuhan bekerja secara tersembunyi untuk menolong bangsa Yahudi.

Saat ini bangsa Indonesia sedang membutuhkan perkabungan dan doa syafaat dari seluruh umat Tuhan agar pengumuman pemenang pilpres 2019 oleh KPU berjalan dengan lancar. Dijauhkan dari segala anarki dan kerusuhan. Doakanlah keamanan Jakarta dan kota-kota besar lainnya agar malaikat Tuhan menggagalkan setiap usaha untuk mengacaukan keamanan. Tangan Tuhan memang bekerja secara tersembunyi, tetapi orang percaya bisa berkabung dan bersyafaat untuk keamanan dan kedamaian di Indonesia. Selamat hari Minggu, selamat beribadah dan melayani Tuhan. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages