Berusaha Sekuat Tenaga



Rabu, 15 Mei 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Nehemia 4-6

Nehemia 6:9 (TB)  Karena mereka semua mau menakut-nakutkan kami, pikirnya: "Mereka akan membiarkan pekerjaan itu, sehingga tak dapat diselesaikan." Tetapi aku justru berusaha sekuat tenaga.

Berbagai usaha dilakukan oleh orang-orang yang menentang pembangunan tembok Yerusalem. Mereka mengintimidasi, memfitnah, menyebarkan kabar bohong, menjerumuskan atau berusaha membusukkan nama Nehemia di antara orang Israel. Tetapi Nehemia bersama orang-orangnya tetap teguh mengerjakan pembangunan tembok Yerusalem. Di saat tantangan dan hambatan semakin besar, Nehemia justru semakin berusaha sekuat tenaga.

Akhirnya Nehemia bersama orang-orangnya berhasil menyelesaikan pembangunan tembok Yerusalem.
Nehemia 6:15-16 (TB)  Maka selesailah tembok itu pada tanggal dua puluh lima bulan Elul, dalam waktu lima puluh dua hari. Ketika semua musuh kami mendengar hal itu, takutlah semua bangsa sekeliling kami. Mereka sangat kehilangan muka dan menjadi sadar, bahwa pekerjaan itu dilaksanakan dengan bantuan Allah kami.

Berbagai tantangan dan hambatan mungkin akan kita hadapi dalam memenuhi penggilan dan pekerjaan Tuhan dalam hidup kita.
Ketika kita lemah, musuh semakin kuat.
Ketika kita tetap kuat, musuh akan kalah.
Kalimat "berusaha sekuat tenaga" bukan berarti Nehemia mengandalkan kekuatan diri sendiri. Sebaliknya Nehemia mengandalkan Tuhan dan tidak pernah menyerah oleh tantangan apapun juga.

Ketika masalah dan badai hidup terus mendera, jangan pernah menyerah. Melainkan tetaplah berusaha sekuat tenaga. Percayalah badai pasti berlalu, masalah pasti akan selesai apabila kita tidak menyerah. Kerjakan apa yang menjadi bagian kita. Serahkan apa yang menjadi bagian Tuhan. Orang lain akan melihat pertolongan Tuhan dan kuasa Tuhan nyata dalam hidup kita dan nama Tuhan akan dipermuliakan. Tuhan memberkati. (Ps.BW).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages