Cantik Luar Dalam




Sabtu, 18 Mei 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Ester 1-3

Ester 2:7 (TB)  Mordekhai itu pengasuh Hadasa, yakni Ester, anak saudara ayahnya, sebab anak itu tidak beribu bapa lagi; gadis itu elok perawakannya dan cantik parasnya. Ketika ibu bapanya mati, ia diangkat sebagai anak oleh Mordekhai.

Dalam kisah Ester ini, terdapat keadilan Tuhan. Sekalipun seorang yatim piatu, ia diangkat anak oleh pamannya yaitu Mordekhai. Pada umumnya orang berkata bahwa Ester bernasib mujur, elok perawakannya dan cantik parasnya bahkan ia dianugrahi menjadi permaisuri menggantikan ratu Wasti.

Berbicara tentang kecantikan Ester, pastilah melalui sebuah proses yang sangat panjang.

1. Kecantikan lahiriah (luar).
Kecantikan lahirilah merupakan pemberian Tuhan dan hasil dari usaha untuk merawat diri. Ada yang dilahirkan cantik tetapi tidak pandai merawat diri. Sebaliknya ada yang dilahirkan dengan paras biasa tetapi pandai merawat diri. Kecantikan lahiriah yang merupakan pemberian Tuhan sifatnya tidak bisa diganggu gugat karena hak dan wewenang Tuhan. Tetapi usaha merawat diri yang harus dikembangkan sehingga kecantikan lahirilah akan menjadi optimal.

Persiapan mengikuti kontes menjadi ratu diikuti oleh Ester. Selama dua belas bulan Ester dirawat kulitnya, rambutnya, diberi wangi-wangian sehingga layak menghadap raja. Demikianlah bila ingin tampil memukau di hadapan orang, belajarlah untuk merawat diri, antara lain menjaga berat badan, menjaga konsumsi makanan, cukup istirahat, olahraga dan membersihkan diri secara teratur serta bagi wanita menggunakan kosmetik yang sesuai dan cukup.

2. Kecantikan batiniah (dalam).
Semua putri-putri yang ikut dalam kontes ratu pasti semuanya cantik secara lahirilah. Tetapi Ester memiliki nilai plus yaitu kecantikan batiniah (dalam), sehingga semua orang yang melihat sikap Ester timbul kasih sayang kepadanya.

Ester 2:9 (TB)  Maka gadis itu sangat baik pada pemandangannya dan menimbulkan kasih sayangnya, sehingga Hegai segera memberikan wangi-wangian dan pelabur kepadanya, dan juga tujuh orang dayang-dayang yang terpilih dari isi istana raja, kemudian memindahkan dia dengan dayang-dayangnya ke bagian yang terbaik di dalam balai perempuan.
Ester 2:15b (TB) Maka Ester dapat menimbulkan kasih sayang pada semua orang yang melihat dia.
Ester 2:17 (TB)  Maka Ester dikasihi oleh baginda lebih dari pada semua perempuan lain, dan ia beroleh sayang dan kasih baginda lebih dari pada semua anak dara lain, sehingga baginda mengenakan mahkota kerajaan ke atas kepalanya dan mengangkat dia menjadi ratu ganti Wasti.

Apakah Anda ingin menjadi cantik / elok secara lahirilah dan batiniah? Secara lahirilah apapun keadaan Anda bersyukurlah dan tekun dalam merawat diri. Secara batiniah Anda harus mengembangkan sikap dan karakter yang elok, yaitu yang bersumber dari Tuhan. Ester adalah keturunan Yahudi, sejak dari kecil ia sudah diajarkan tentang Taurat dan mengenal Tuhan.

Jika Anda ingin memiliki kecantikan manusia batiniah, kembangkanlah persekutuan dengan Tuhan sehingga menghasilkan karakter ilahi dalam kehidupan Anda.
Seseorang yang memiliki kecantikan (keelokan) luar dalam pastilah akan berhasil dalam hidupnya. Pastikan Anda adalah orangnya. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages