Antusias!




Jumat, 3 Mei 2019

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Taw 13-15

2 Tawarikh 15:7 (TB)  Tetapi kamu ini, kuatkanlah hatimu, jangan lemah semangatmu, karena ada upah bagi usahamu!"

Bangsa Israel mengalami kekacauan, peperangan dan kesesakan pada zaman raja Asa karena mereka telah meninggalkan Tuhan. Seorang nabi bernama Azarya bin Oded bernubuat sehingga bangsa Israel berbalik kepada Tuhan dan Ia berkenan ditemui oleh mereka. Bangsa Israel yang tadinya lemah lesu kemudian menjadi bersemangat karena mendengar perkataan nubuatan ini, "Tetapi kamu ini, kuatkanlah hatimu, jangan lemah semangatmu, karena ada upah bagi usahamu!" (2 Taw 15:7)

Kata antusias sering disamakan dengan semangat. Tetapi sesungguhnya antusias memiliki arti yang luar biasa. Kata antusias berasal dari kata "en" yang artinya di dalam, dan kata "theos" yang artinya Tuhan. Jadi antusias adalah semangat atau kekuatan yang timbul karena berada di dalam Tuhan.

Bagi kita yang saat ini mungkin dalam masalah, pergumulan maupun tantangan, ada beberapa nasehat yang dapat kita lakukan.

1. Tetaplah antusias menghadapi semuanya.
Amsal 24:10 (TB)  Jika engkau tawar hati pada masa kesesakan, kecillah kekuatanmu.
Tawar hati atau patah semangat akan membuat kita kehilangan gairah dan semangat hidup. Sebaliknya jika kita tetap antusias, maka kita akan menerima kekuatan Tuhan yang besar untuk menghadapi semua yang di depan kita, baik masalah, pesoalan maupun tantangan hidup.

2. Jangan berhenti berusaha.
Berhenti berusaha artinya menyerah, tetapi jika terus berusaha pasti akan ada jalan, pasti akan ada mujizat. Ora et labora, berdoa dan bekerja. Setelah kita berdoa, kita tetap harus berusaha atau melakukan bagian kita. Jangan menjadi malas dan menyerah ketika masalah belum kunjung selesai. Firman Tuhan hari ini berkata "ada upah untuk usahamu" artinya tidak ada usaha yang sia-sia, semua akan selalu berbuah manis. Oleh sebab itu tetaplah antusias, berusaha sesuai kemampuan kita, sebab itulah bagian kita. Bagian Tuhan adalah untuk memberi upah atau memberkati kita.

Jadi ... mari kita jalani hari ini dengan antusias. Tak peduli berapa pun besar masalah kita, tetaplah antusias dan terus berusaha. Miliki iman dan pengharapan untuk menerima upah atau berkat dari Tuhan. Salam antusias, Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages