Satu Dollar Untuk Rumah Tuhan




Jumat, 10 Mei 2019

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Taw  34-36

2 Tawarikh 36:23 (TB)  "Beginilah perintah Koresh, raja Persia: Segala kerajaan di bumi telah dikaruniakan kepadaku oleh TUHAN, Allah semesta langit. Ia menugaskan aku untuk mendirikan rumah bagi-Nya di Yerusalem, yang terletak di Yehuda. Siapa di antara kamu termasuk umat-Nya, TUHAN, Allahnya, menyertainya, dan biarlah ia berangkat pulang!" 

Dalam teologi dikenal penggenapan nubuat berganda, artinya di masa lalu pernah terjadi dan akan terjadi lagi di masa yang akan datang. Pemulihan rumah Tuhan pernah terjadi, dan Tuhan memakai raja Koresh, seorang raja Persia yang sebenarnya orang asing yang tidak mengenal Tuhan untuk membangun kembali rumah Tuhan yang telah menjadi reruntuhan sesuai dengan nubuatan Yeremia.

Kita percaya bahwa nubuatan itu juga akan terjadi di masa yang akan datang. Beberapa ayat mengkonfirmasi hal tersebut.

Mikha 4:1-2 (TB)  Akan terjadi pada hari-hari yang terakhir: gunung rumah TUHAN akan berdiri tegak mengatasi gunung-gunung dan menjulang tinggi di atas bukit-bukit; bangsa-bangsa akan berduyun-duyun ke sana,
dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata: "Mari, kita naik ke gunung TUHAN, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya dan supaya kita berjalan menempuhnya; sebab dari Sion akan keluar pengajaran, dan firman TUHAN dari Yerusalem."

Yesaya 60:10-11 (TB)  Orang-orang asing akan membangun tembokmu, dan raja-raja mereka akan melayani engkau; sebab dalam murka-Ku Aku telah menghajar engkau, namun Aku telah berkenan untuk mengasihani engkau.
Pintu-pintu gerbangmu akan terbuka senantiasa, baik siang maupun malam tidak akan tertutup, supaya orang dapat membawa kekayaan bangsa-bangsa kepadamu, sedang raja-raja mereka ikut digiring sebagai tawanan.

Pada hari-hari terakhir (akhir zaman) akan terjadi pemulihan rumah Tuhan.
Beberapa fakta yang terjadi adalah:

1. Umat Diaspora
Kata diaspora diterjemahkan sebagai orang percaya yang menyebar di seluruh dunia. Sebagian besar mereka telah diberkati dan memiliki kedudukan atau kuasa di negeri asing. Tuhan akan menggerakkan mereka untuk memiliki hati bagi orang percaya di negerinya, khususnya di negeri di mana gereja-gereja mengalami aniaya, kemiskinan dan kondisi yang tidak layak.

2. Gereja teraniaya
Adanya banyak gereja di belahan dunia mengalami aniaya. Mereka bukan saja mengalami hambatan dalam beribadah beribadah, tempat-tempat ibadah yang tidak layak, keterbatasan dana dalam pelayanan, bahkan juga mengalami penganiayaan (persekusi). Jumlah gereja-gereja yang teraniaya semakin meningkat dari tahun ke tahun. Mereka berseru dan menjerit kepada Tuhan. Siapakah yang akan menjawab doa mereka? Tuhan akan memakai para raja-raja (orang yang diberkati) serta umat Tuhan yang hidup dalam diaspora (pembuangan) di negeri-negeri asing.

Renungan pagi ini merupakan seruan bagi orang percaya (diaspora) di seluruh dunia. Mereka telah diberkati Tuhan, dan mereka bisa dipakai Tuhan untuk menjadi berkat bagi pemulihan rumah Tuhan di negerinya supaya nama Tuhan semakin dipermuliakan. Teknologi telah membuat jarak yang jauh menjadi dekat. Renungan ini dengan mudah diakses oleh semua orang percaya di seluruh dunia. Demikian pula teknologi pengiriman uang (dana) telah semakin cepat dan mudah dengan bantuan teknologi.

Jika Anda seorang diaspora, maukah Anda menyisihkan minimal satu dollar untuk pemulihan rumah Tuhan di negeri asal Anda? Dan bagi Anda yang hidup di negara di mana gereja-gereja mengalami aniaya, percayalah Tuhan mendengar doa Anda dan akan mengirimkan kekayaan bangsa-bangsa untuk rumah Tuhan. Dengan berkat itu gereja bisa menjalankan misinya bukan sekedar membangun gedung tetapi memperlengkapi orang percaya dan pelayanan diakonia untuk kemuliaan Tuhan. Haleluya, Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages