Tanda Masa Penuaian

 



Senin, 21 September 2020


Bacaan Alkitab Setahun: Yoel 1-3


Yoel 3:13 (TB)  Ayunkanlah sabit, sebab sudah masak tuaian; marilah, iriklah, sebab sudah penuh tempat anggur; tempat-tempat pemerasan kelimpahan, sebab banyak kejahatan mereka.


Kita mungkin berpikir bahwa masa penuaian terjadi ketika keadaan damai dan orang-orang berlaku saleh. Orang-orang taat beribadah dan melakukan kebaikan. Tetapi dalam keadaan tersebut justru menimbulkan roh agamawi dan seringkali memunculkan kemunafikan. Secara lahiriah beribadah tetapi sesungguhnya memungkiri imannya.


2 Timotius 3:5 (TB)  Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu!


Masa penuaian yang digambarkan dalam kitab Yoel adalah keadaan manusia pada umumnya hidup dalam dosa sehingga mereka membutuhkan pertobatan.
"Sebab sudah penuh tempat anggur, tempat-tempat pemerasan kelimpahan, sebab banyak kejahatan mereka."
Di saat orang-orang sedang mabuk dalam dosa dan kejahatan, di situlah kasih karunia Allah akan dicurahkan.


Orang percaya akan bersaksi tentang kasih Tuhan, sementara Roh Kudus akan menginsafkan orang berdosa.
Yohanes 16:8 (TB)  Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman.


Bagaimanakah lingkungan atau kota tempat kita berada? Adakah orang-orang yang hidup dalam kemabukan duniawi? Jika banyak yang hidup dalam dosa, menandakan masa penuaian telah tiba. Jangan malu menyaksikan kasih Tuhan. Roh Kudus akan bekerja menginsafkan mereka sehingga terjadi pertobatan dan keselamatan. Rasa berdosa, menyesal dan bertobat akan bersuara dalam hati nurani mereka. Ketakutan akan hukuman dosa bergema dalam hati mereka. Inilah tanda masa penuaian.


Gereja Tuhan, bangkitlah menjadi terang. Gerakkanlah para pahlawan yaitu seluruh sumber daya di gereja di masa penuaian. Jangan lengah dan jangan biarkan tuaian menjadi busuk. Di mana Tuhan tempatkan baik lingkungan rumah, lingkungan kerja maupun aktivitas di situlah panggilan Tuhan untuk menuai jiwa-jiwa. Tuhan memberkati. (Ps.BW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages