Senjata Makan Tuan



Senin, 14 September 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Daniel 4-6

Daniel 6:6 (TB)  Maka berkatalah orang-orang itu: "Kita tidak akan mendapat suatu alasan dakwaan terhadap Daniel ini, kecuali dalam hal ibadahnya kepada Allahnya!"

Para pejabat tinggi dan wakil raja yang iri kepada kuasa dan kedudukan yang diberikan raja kepada Daniel mencari cara untuk menjatuhkan Daniel. Tetapi mereka tidak menemukan sedikit pun alasan dakwaan kepada Daniel, kecuali dalam hal ibadahnya kepada Allah.

Oleh sebab itu mereka mempengaruhi raja untuk membuat suatu titah yang tidak dapat diubah. Barangsiapa yang menyampaikan permohonan (menyembah) selain kepada raja akan dilemparkan ke dalam gua singa. Inilah jebakan atau senjata yang dibuat oleh para pejabat tinggi dan wakil raja untuk menyerang dan menjatuhkan Daniel.

Sekalipun raja sangat sayang kepada Daniel dan berusaha melepaskannya tetapi ia tidak kuasa mengubah ketetapan yang telah diundangkan. Raja percaya bahwa Allah yang disembah Daniel dengan tekun, Dialah yang akan melepaskan Daniel dari gua singa.

Dan terjadilah Daniel selamat, semalam-malaman mulut singa-singa dikatupkan oleh Tuhan sehingga tidak mengapa-apakan Daniel. Raja bersegera membebaskan Daniel. Sebaliknya raja bertitah agar semua orang yang menuduh Daniel, termasuk isteri dan anak-anak merekalah yang dilemparkan ke dalam gua singa.


Pelajaran dari kisah tersebut adalah jangan berniat jahat kepada orang lain dengan memasang jebakan, padahal orang tersebut takut akan Tuhan. Jebakan tersebut akan berbalik kepada diri sendiri. Arti peribahasa senjata makan tuan adalah sesuatu yang direncanakan untuk mencelakakan orang lain, tetapi berbalik mengenai diri sendiri.
Bijaksanalah dalam bertindak dan merencanakan segala sesuatu serta takutlah akan Tuhan. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages