Akibat Perzinahan

 


Sabtu, 19 September 2020


Bacaan Alkitab Setahun: Hosea 7-10


Hosea 9:2 (TB)  Tempat pengirikan gandum dan tempat pemerasan anggur tidak akan memberi mereka makan, dan anggur akan mengecewakan mereka. 


Beberapa bulan terakhir kita membaca kitab nabi-nabi. Salah satu peringatan keras adalah tentang perzinahan. Hosea 9:1 menyebut berzinah dengan meninggalkan Allah.

Hosea 9:1 (TB)  Janganlah bersukacita, hai Israel! Janganlah bersorak-sorak seperti bangsa-bangsa! Sebab engkau telah berzinah dengan meninggalkan Allahmu, engkau telah mencintai upah sundal di segala tempat pengirikan gandum. 


Banyak orang yang melarikan diri dari kenyataan rumah tangga yang tidak bahagia dengan cara berzinah atau berselingkuh. Tetapi hal ini membuka celah untuk kutuk masuk dalam kehidupan seseorang yang berselingkuh. Dalam terjemahan FAYH dikatakan bahwa tuaian dirusak oleh hama.

Hosea 9:2 (FAYH)  Karena itu, panenmu sangat sedikit; buah-buah anggurmu akan mengecewakan (karena rusak kena hama).


Ada peribahasa mengatakan rumput tetangga kelihatan lebih hijau. Kata kelihatan belum tentu kenyataan. Misalnya kelihatan ganteng atau cantik dan hartanya banyak, tetapi bisa jadi karakter dan sikapnya kurang terpuji. Bisa jadi di dalam rumput tetangga banyak ular berbisa yang mematikan.


Akibat perselingkuhan menurut Hosea 9:2 adalah ...


1. Bisnis atau pekerjaan menjadi hancur.

Dalam ayat tersebut disebut sebagai tempat pengirikan gandum artinya tempat usaha tidak akan memberi mereka makan. Banyak kesaksian orang yang terjerat dalam perzinahan atau perselingkuhan, hartanya menjadi ludes, bisnisnya menjadi hancur. Semua ini terjadi karena membuka celah untuk hama (iblis) masuk dalam kehidupan seseorang.


Yohanes 10:10 (TB)  Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.


Satu-satunya jalan untuk memulihkan berkat adalah dengan cara bertobat dan kembali kepada Tuhan.


2. Kehilangan sukacita.

Disebutkan dalam Hosea 9:2, anggur akan mengecewakan. Anggur berbicara mengenai sukacita. Perzinahan atau perselingkuhan hanya akan memberikan sukacita sesaat dan jasmani saja. Kenikmatan atau kesenangan yang didapat hanyalah sesaat. Tidak ada sukacita rohani yang sejati. Rasa bersalah akan menghantui sehingga menimbulkan penyesalan seumur hidup.


Ada pepatah mengatakan "habis manis sepah dibuang". Pada kenyataan perzinahan dan perselingkuhan berakhir dengan kekecewaan. Oleh sebab itu firman Tuhan mengajarkan kita untuk setia dengan pasangan hidup yang dari Tuhan, sekalipun menghadapi banyak masalah. Dalam pernikahan kesatuan bukan hanya terjadi secara lahiriah tetapi secara roh.

Maleakhi 2:15 (TB)  Bukankah Allah yang Esa menjadikan mereka daging dan roh? Dan apakah yang dikehendaki kesatuan itu? Keturunan ilahi! Jadi jagalah dirimu! Dan janganlah orang tidak setia terhadap isteri dari masa mudanya.


Marilah kita waspada dan menjaga diri terhadap bahaya perselingkuhan. Momen-momen kenangan seperti reuni, temu kangen atau media sosial bisa menjadi wahana "jatuh cinta" dengan bukan pasangan, terlebih lagi jika sedang mengalami masalah keluarga. Terlebih lagi bagi yang tidak punya kesibukan atau ibu rumah tangga yang suka nonton TV di siang hari. Beberapa stasiun TV selalu menayangkan sinetron yang bertema selingkuh. Dipengaruhi pula oleh publik figur atau artis yang melakukan perselingkuhan seakan-akan hal yang normal.


Di akhir zaman ini banyak penyesatan yang akan membawa orang-orang yang lemah imannya keluar dari rencana Allah. Hati-hati dan jaga diri terhadap perzinahan dan perselingkuhan. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages