Hati yang Baru



Rabu, 9 September 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Yehezkiel 34-36

Yehezkiel 36:26 (TB)  Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.

Masalah hati dan rohani selalu menjadi penyebab kegagalan manusia mengikuti rencana Tuhan. Kepahitan, kemarahan dan keinginan dosa di dalam hati membuat manusia semakin menjauh dari Allah. Demikian pula kekerasan hati menentang perintah Tuhan menempatkan manusia sebagai musuh Allah.

Banyak orang telah berusaha menjadi baik, akan tetapi selalu gagal oleh sebab hati mereka belum dipulihkan. Bagaikan mobil yang dipermak bagian luarnya, tetapi mesinnya masih bobrok. Kepura-puraan dan kemunafikan terlihat dari sisi lahiriah dan hatinya masih penuh dengan keinginan dosa.

Tuhan mengetahui pergumulan manusia mengenai masalah hati, oleh sebab itu Ia berjanji untuk memberikan hati dan roh yang baru. Tuhan akan menjauhkan daripada kita hati yang keras dan memberikan hati yang taat.

Bagaimanà langkah-langkah kita agar dapat menerima hati yang baru?

1. Bertobatlah, akuilah segala dosa dan meminta pengampunan Tuhan.
Kisah Para Rasul 8:22-23 (TB)  Jadi bertobatlah dari kejahatanmu ini dan berdoalah kepada Tuhan, supaya Ia mengampuni niat hatimu ini;
sebab kulihat, bahwa hatimu telah seperti empedu yang pahit dan terjerat dalam kejahatan."

2. Memohon kepada Tuhan agar membarui hati dan roh kita.
Mazmur 51:12-13 (TB) Jadikanlah hatiku tahir, ya Allah, dan perbaharuilah batinku dengan roh yang teguh!
Janganlah membuang aku dari hadapan-Mu, dan janganlah mengambil roh-Mu yang kudus dari padaku!

3. Menjaga hati dengan segala kewaspadaan.
Amsal 4:23 (TB)  Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.

4. Isilah hati dan pikiran dengan segala yang berkenan kepada Tuhan serta roh kita melalui persekutuan dengan Tuhan.
Filipi 4:8 (TB)  Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.
Roma 12:11 (TB)  Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.


Hati yang murni adalah harta yang tak ternilai dalam hidup kita. Oleh sebab itu mintalah hati yang baru kepada Tuhan dan jagalah dengan penuh kewaspadaan. Haleluya, greater blessing. (Ps.BW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages