Juru Bicara Tuhan

 



Selasa, 22 September 2020


Bacaan Alkitab Setahun: Amos 1-3


Amos 3:7 (TB)  Sungguh, Tuhan ALLAH tidak berbuat sesuatu tanpa menyatakan keputusan-Nya kepada hamba-hamba-Nya, para nabi. 


Dalam sebuah perundingan seringkali delegasi menunjuk juru bicara. Hal ini dilakukan supaya jalannya perundingan bisa berjalan dengan efektif dan teratur. Demikian pula dengan kepala negara atau pemerintahan menunjuk juru bicara. Misalnya juru bicara kepresidenan akan menyampaikan keputusan presiden. Hal ini dilakukan untuk menjaga wibawa presiden di mata umum.


Secara rohani Tuhan menunjuk hamba-hamba Tuhan, yaitu para nabi menjadi juru bicara untuk menyampaikan keputusan atau kehendak-Nya. Mengapa Tuhan memakai para nabi?


1. Tuhan mau bermitra.

Salah satu tujuan Tuhan menciptakan manusia adalah untuk bekerja sama mengelola ciptaan-Nya. Oleh sebab itu Ia melibatkan para nabi untuk menyampaikan keputusan-Nya. Para hamba-hamba Tuhan, yaitu para nabi menjadi mitra Tuhan sehingga kita selayaknya kita menghargai mereka.


2. Tuhan menggunakan bahasa manusia.

Dengan menunjuk para nabi sebagai juru bahasa, maka pesan atau keputusan yang disampaikan dalam bahasa manusia sehingga lebih mudah dipahami. 

Dengan juru bicara yang dapat dilihat dan dimengerti bahasanya diharapkan manusia bisa memahami dan menjadi percaya.


3. Tuhan menyampaikan peringatan sebelum bertindak.

Para hamba-hamba Tuhan, yaitu para nabi menyampaikan peringatan Tuhan kepada manusia. Peringatan berupa nasehat, teguran dan ketidaksukaan Tuhan akan sesuatu. Bila manusia bertobat maka hukuman tidak jadi dijalankan, tetapi jika manusia mengeraskan hatinya maka hukuman akan dilaksanakan.

Contoh: Yunus menyampaikan rencana penghukuman Tuhan atas Niniwe, seisi kota bertobat maka hukuman Tuhan tidak jadi dilaksanakan.


Jadi bagaimana sikap kita kepada para hamba Tuhan, para nabi yang menyampaikan pesan Tuhan?

A. Ujilah setiap pesan yang disampaikan apakah sesuai dengan firman Tuhan?

B. Lakukan pesan yang disampaikan jika sesuai dengan firman Tuhan.

C. Hormati para hamba Tuhan, para nabi sebagai juru bicara Tuhan.


1 Tesalonika 5:12-13 (TB)  Kami minta kepadamu, saudara-saudara, supaya kamu menghormati mereka yang bekerja keras di antara kamu, yang memimpin kamu dalam Tuhan dan yang menegor kamu;

dan supaya kamu sungguh-sungguh menjunjung mereka dalam kasih karena pekerjaan mereka. Hiduplah selalu dalam damai seorang dengan yang lain.


Bersyukurlah bila Tuhan masih memakai hamba-hamba, para nabi di antara kita. Sebab Tuhan tidak serta merta mendatangkan hukuman tetapi terlebih dahulu Ia menyatakan keputusan melalui hamba-hamba-Nya. Sehingga masih ada waktu untuk bertobat dan memperbaiki diri. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages