Kue Kismis



Kamis, 17 September 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Hosea 1-3

Hosea 3:1 (TB)  Berfirmanlah TUHAN kepadaku: "Pergilah lagi, cintailah perempuan yang suka bersundal dan berzinah, seperti TUHAN juga mencintai orang Israel, sekalipun mereka berpaling kepada allah-allah lain dan menyukai kue kismis."

TUHAN mengasihi bangsa Israel sekalipun mereka berpaling kepada allah-allah lain dan menyukai kue kismis. Apakah yang dimaksudkan kue kismis dalam ayat tersebut? Dalam kehidupan saat ini kita mungkin menyukai kue kismis. Apakah artinya sama dengan ayat tersebut?

1. Kue kismis terbuat dari anggur yang dikeringkan.
Kue kismis berasal dari kata Ibrani 'ashishah ("ditekan menjadi satu"). Kue kismis rupanya adalah buah anggur yang dikeringkan atau kismis yang ditekan hingga terbentuk kue-kue. Rasa kue kismis lezat dan jika dimakan memberikan kekuatan.

1 Samuel 30:12 (TB)  dan memberikan kepadanya sepotong kue ara dan dua buah kue kismis, dan setelah dimakannya, ia segar kembali, sebab ia tidak makan dan minum selama tiga hari tiga malam.

Kue kismis memberikan kesegaran dan kekuatan fisik karena mengandung zat gula. Terlalu banyak makan kue kismis akan menjadi mabuk sebab mengandung alkohol. Di samping itu jangan mengandalkan kekuatan dari makanan melainkan bersumber dari Tuhan.

2. Kue kismis digunakan untuk penyembahan kepada berhala. (Hos 3:1)

1 Korintus 10:28 (TB)  Tetapi kalau seorang berkata kepadamu: "Itu persembahan berhala!" janganlah engkau memakannya, oleh karena dia yang mengatakan hal itu kepadamu dan karena keberatan-keberatan hati nurani.

Dalam hal ini memakan kue kismis yang telah dipersembahkan kepada berhala adalah berdosa. Makanan dan minuman persembahan berhala yang lain bisa berupa daging, buah dilarang untuk dimakan. Sekalipun bagi kita semua makanan halal jika didoakan dalam nama Yesus, tetapi bisa menjadi batu sandungan bagi orang lain. Bukankah kita harus menjaga kekudusan tubuh kita sebagai bait Allah melalui makanan yang kudus dan berkenan kepada Tuhan?


Kue kismis yang ada di pasaran saat ini adalah kue yang ditaburi kismis berasal dari anggur atau cherry yang dikeringkan. Tidak masalah apabila kita makan sebagai penganan/snack asal tidak menimbulkan ketergantungan dan bukan makanan bekas persembahan kepada berhala. Demikianlah pemahaman kita tentang kue kismis. Selamat beraktifitas dan Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages