Masih Adakah Penyembah Berhala?



Rabu, 2 September 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Yehezkiel 13-15

Yehezkiel 14:6 (TB)  Oleh karena itu katakanlah kepada kaum Israel: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Bertobatlah dan berpalinglah dari berhala-berhalamu dan palingkanlah mukamu dari segala perbuatan-perbuatanmu yang keji.

Di zaman modern ini apakah masih ada berhala? Apakah masih ada orang Kristen yang menyembah berhala?
Bangsa Israel menyembah kepada lembu emas, sehingga Tuhan memberikan hukum Taurat untuk mengingatkan mereka.
Hukum Taurat dalam Perjanjian Lama menempatkan larangan menyembah berhala menjadi perintah pertama dan kedua.

Keluaran 20:3-5 (TB)  Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.
Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apa pun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.
Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,

Berhala modern adalah segala sesuatu yang kita cintai dan kita percaya lebih daripada Tuhan. Berdasarkan pengertian ini tentu banyak orang masih percaya dan menyembah kepada berhala, bahkan orang Kristen sendiri.

1. Masih ada orang yang percaya dan menyembah kepada kuasa kegelapan sebagai berhala.
Ada yang menjadikan hal ini sebagai pesugihan, pemikat, kekebalan, budaya atau tradisi nenek moyang.

2. Mencintai atau mentaati seseorang melebihi Tuhan.
Fenomena yang banyak terjadi adalah menomorduakan Tuhan. Demi seseorang yang sangat dicintai sehingga meninggalkan, melupakan Tuhan atau melanggar perintah Tuhan.

3. Terikat pada uang, pekerjaan atau bisnis.
Jika hati sudah dikuasai untuk memburu uang, maka bisa melupakan Tuhan dan kebenaran. Atau mencintai pekerjaan atau bisnis melebihi Tuhan, maka dengan tanpa merasa bersalah akan meninggalkan ibadah dan persekutuan pribadi dengan Tuhan.

4. Ketergantungan kepada smartphone.
Smartphone diciptakan sebagai alat bantu, banyak manfaat positif yang dapat kita gunakan. Akan tetapi jika setiap saat pikiran dan tangan kita tidak bisa lepas dari smartphone serta tidak tenang bila tidak ada smartphone di tangan kita berarti sudah melebihi batas wajar. Bahkan bangun tidur bukan lagi berdoa, dan mengucap syukur tetapi asyik berselancar dengan media sosial. Jauh lebih banyak waktu dihabiskan bersama dengam smartphone tanpa bersaat teduh.

5. Kebiasaan buruk
Kebiasaan buruk menjadi berhala karena merupakan ikatan. Misalnya saat banyak masalah bukan datang kepada Tuhan untuk berdoa tetapi justru melakukan kebiasaan buruk sebagai perlarian atau solusi semu. Ada yang menggunakan narkoba, miras, dugem, selingkuh atau merokok.

Bukan hanya virus yang bermutasi menjadi lebih ganas dan bervariasi. Berhala di zaman modern telah banyak berubah wajah supaya lebih familiar dan bisa diterima oleh manusia di zaman modern. Oleh sebab itu waspadalah, jangan sampai ada sesuatu dalam hidup kita yang melebihi bagian Tuhan.
Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages