Kesempatan untuk Bertobat



Kamis, 3 September 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Yehezkiel 16-18

Yehezkiel 18:32 (TB)  Sebab Aku tidak berkenan kepada kematian seseorang yang harus ditanggungnya, demikianlah firman Tuhan ALLAH. Oleh sebab itu, bertobatlah, supaya kamu hidup!"

Kasih karunia Tuhan menyelamatkan orang berdosa. Tuhan tidak berkenan kepada kematian orang fasik, oleh sebab itu Ia memberi kesempatan untuk bertobat selama masih hidup.
Yehezkiel 18:23 (TB)  Apakah Aku berkenan kepada kematian orang fasik? demikianlah firman Tuhan ALLAH. Bukankah kepada pertobatannya supaya ia hidup?

Selama Tuhan masih memberi kesempatan hidup adalah waktu yang Tuhan berikan untuk bertobat. Penyamun yang disalib di sebelah kanan Yesus menggunakan kesempatan terakhirnya sebelum kematian untuk bertobat.

Lukas 23:41-43 (TB)  Kita memang selayaknya dihukum, sebab kita menerima balasan yang setimpal dengan perbuatan kita, tetapi orang ini tidak berbuat sesuatu yang salah."
Lalu ia berkata: "Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja."
Kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus."

Masalahnya kita tidak tahu kapan akhir hidup kita. Ada orang berdosa berpikir umurnya masih panjang karena dalam keadaan sehat, sehingga ia melakukan berbagai dosa. Tetapi jika sewaktu-waktu ia meninggal, pada saat masih berdosa tentulah ia sangat menyesal. Oleh sebab itu selama masih diberikan kehidupan, inilah kesempatan untuk bertobat.
Galatia 5:13 (TB)  Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.

Akhir hidup kita bisa datang kapan saja, bisa hari ini, besok atau lusa. Hiduplah seakan-akan besok akan mati dan belajarlah seakan-akan masih hidup seribu tahun lagi (Mahatma Gandi). Jangan sampai terjadi Tuhan mengakhiri hidup kita pada saat kita masih berbuat dosa dan belum bertobat.

Filipi 1:21 (TB)  Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.

Selagi masih hidup, gunakanlah hidup bagi Kristus dan jangan hidup dalam dosa sebab kita tidak tahu kapan akhir hidup kita. Gunakan kesempatan yang Tuhan berikan untuk bertobat dan hidup berkenan kepada Tuhan. Haleluya, greater blessing. (Ps.BW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages