Akibat Kesombongan



Minggu, 6 September 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Yehezkiel 25-27

Yehezkiel 27:34 (TB)  Sekarang engkau dirusak dan dilenyapkan dari permukaan laut dan tenggelam di dasar lautan; daganganmu dan seluruh penumpangmu tenggelam dengan engkau.

Tirus adalah sebuah kota pantai yang sangat maju dan kaya. Penduduknya pandai berdagang ekspor impor. Banyak cerdik pandai, banyak tenaga ahli termasuk para pembuat kapal yang berukuran besar. Salah satu kebanggaan mereka adalah kapal Tirus yang berukuran besar, berdagang dan mengeruk kekayaan bangsa-bangsa.
Kapal ini mendapat julukan kapal maha indah karena didesain oleh ahli pembuat kapal.

Yehezkiel 27:3-4 (TB)  dan katakanlah kepada Tirus, yang terletak di pintu masuk lautan, dan yang berdagang dengan bangsa-bangsa di banyak daerah pesisir: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Hai Tirus, engkau berkata: aku kapal yang maha indah.
Wilayahmu di tengah lautan; ahli bangunmu membuat keindahanmu sempurna.

Sayang sekali, Tirus yang maju peradabannya menjadi sombong. Sombong yang dimaksud di sini selain memegahkan kehebatan mereka, juga merasa tidak membutuhkan Tuhan sebab segala sesuatu bisa diatasi dengan kepandaian dan kekayaan mereka.

Oleh sebab kesombongan Tirus, Tuhan menjatuhkan hukuman atas mereka. Kapal Tirus yang menjadi kebanggaan mereka menjadi hancur dan tenggelam diterjang badai. Raja beserta penduduknya yang sombong juga menerima hukuman dari Tuhan.

Yehezkiel 28:5-7 (TB)  Karena engkau sangat pandai berdagang engkau memperbanyak kekayaanmu, dan karena itu engkau jadi sombong.
Oleh sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Karena hatimu menempatkan diri sama dengan Allah
maka, sungguh, Aku membawa orang asing melawan engkau, yaitu bangsa yang paling ganas, yang akan menghunus pedang mereka, melawan hikmatmu yang terpuja; dan semarakmu dinajiskan.

Siapa yang tidak tahu tentang John Lennon, salah satu personil The Beatles ini terkenal jenius dalam mengaransemen dan membuat lagu.
John lennon pernah mengatakan kepada media yang mewawancarainya bahwa The Beatles lebih tekenal dari Yesus dan siapa yang duluan tenggelam, Yesus beserta ajarannya ataukah The Beatles.
Mendengar pernyataan dari Lennon, para fansnya di beberapa negara marah dan membakar poster serta piringan hitam John lennon dan pada tanggal 8 Desember 1980 Lennon tewas ditembak oleh fansnya sendiri.

Tidak ada sedikit pun manfaat dari sikap yang sombong, terlebih juga merasa tidak  membutuhkan Tuhan. Apakah artinya manusia tanpa Tuhan? Manusia tidak berkuasa menentukan jalan hidupnya. Oleh sebab itu janganlah sombong supaya tidak mengalami peristiwa seperti Tirus. Sebaliknya senantiasa rendah hati dan mengakui Tuhan di setiap langkah hidup kita.

Amsal 3:5-7 (TB)  Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.
Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.
Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak, takutlah akan TUHAN dan jauhilah kejahatan;

Selamat hari Minggu, selamat beribadah, Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages