Sikap dan Ekspresi Memuji Tuhan




Selasa, 24 Mei 2018

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Taw 13-15

1 Tawarikh 15:14 (TB)  Jadi para imam dan orang-orang Lewi menguduskan dirinya untuk mengangkut tabut TUHAN, Allah Israel.

Melihat rumah Obed Edom diberkati selama Tabut Allah dititipkan di rumahnya, maka timbul kerinduan Daud membawa pulang Tabut Allah ke Yerusalem. Daud tidak lagi takut peristiwa Peres Uza terulang. Tetapi ia menyiapkan diri dan semua pelayan Tuhan. Daud meminta petunjuk Tuhan dan menguduskan diri baik dirinya, semua pelayan Tuhan dan orang-orang Israel. Betapa pentingnya menguduskan diri dalam pelayanan, sebab sesungguhnya kita mengalami perjumpaan dengan Tuhan. Tuhan berfirman, "Kuduslah kamu sebab Aku kudus." (1 Ptr 1:16). Kita tidak bisa sembrono melayani Tuhan, bahkan di saat kita masih berbuat dosa. Oleh sebab itu pastikan para pelayan Tuhan menguduskan diri dan menjauhi dosa.

Tabut Allah adalah lambang kehadiran Tuhan. Dalam perjalanan membawa Tabut Allah, kita akan belajar bagaimana ekspresi kita dalam memuji Tuhan. Kita tidak mengikuti aturan dan tata ibadah yang dibuat manusia yang membatasi ekspresi dalam memuji Tuhan. Itulah sebabnya Daud bertanya kepada Tuhan dan mengekspresikan apa yang Tuhan mau untuk kita lakukan dalam memuji Tuhan.

Berikut adalah ekspresi dalam memuji Tuhan:

1. Berdiri (1 Taw 15:16)
2. Menyanyikan lagu-lagu gembira
    (1 Taw 15:16)
3. Memainkan alat musik
    (1 Taw 15:19-20)
    a. Ceracap (alat musik tiup)
    b. Gambus (alat musik dawai, nada tinggi)
    c. Kecapi (alat musik petik, nada rendah)
    d. Nafiri (alat musik tiup).
Dengan demikian alat musik modern seperti drum, gitar, piano/keyboard, bass dan saxophone/terompet memang sudah seharusnya digunakan sebagai ekpresi memuji Tuhan.
4. Bersorak (1 Taw 15:28)
5. Melompat-lompat dan menari (1 Taw 15:29).

Ekspresi dalam memuji Tuhan menunjukkan ucapan syukur, sukacita dan merayakan kemenangan bagi Tuhan. Oleh sebab itu jangan batasi ekspresi Anda dalam memuji Tuhan. Sebab Tuhan bersemayam di atas puji-pujian Anda. (Maz 22:4). Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages