Meminta Hikmat




Bacaan Alkitab Setahun 1 Raja 1-3

1 Raja-raja 3:9 (TB)  Maka berikanlah kepada hamba-Mu ini hati yang faham menimbang perkara untuk menghakimi umat-Mu dengan dapat membedakan antara yang baik dan yang jahat, sebab siapakah yang sanggup menghakimi umat-Mu yang sangat besar ini?"

Tuhan bertanya kepada Salomo apa yang ia minta dari Tuhan? Pada umumnya orang-orang meminta berkat dan umur panjang, layaknya doa ulang tahun. Tetapi sungguh mengejutkan Salomo hanya meminta hikmat dalam menimbang perkara.

1. Mengapa Salomo hanya meminta hikmat?
a. Salomo masih muda dan belum berpengalaman (1 Raja 3:7)
b. Salomo memimpin sebuah bangsa yang besar (1 Raja 3:8) yang dikenal sebagai bangsa yang tegar tengkuk.
c. Salomo merasa bahwa kekayaan yang ia warisi dari Daud sudah cukup.

2. Permintaan Salomo adalah baik di mata Tuhan (1 Raja 3:10), sehingga Tuhan juga memberikan apa yang tidak diminta Salomo yaitu kekayaan dan umur panjang (1 Raja 3:13-14).

Jadi pelajaran apa yang bisa kita petik?
Hikmat adalah permulaan sebuah kesuksesan, tetapi kekayaan tanpa hikmat adalah sia-sia.
Pengkhotbah 7:11 (TB)  Hikmat adalah sama baiknya dengan warisan dan merupakan suatu keuntungan bagi orang-orang yang melihat matahari.

Bila kita saat ini sedang berada di persimpangan jalan untuk mengambil keputusan, merasa diri kita tidak mampu sedangkan tantangan begitu besar, hanya satu yang paling tepat yaitu memohon hikmat dari Tuhan. Dan percayalah Ia akan memberikan lebih dari yang kita minta. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages