Air Susu Dibalas Air Tuba




Senin, 2 April 2018

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Samuel 13-15

2 Samuel 15:12 (TB)  Ketika Absalom hendak mempersembahkan korban, disuruhnya datang Ahitofel, orang Gilo itu, penasihat Daud, dari Gilo, kotanya. Demikianlah persepakatan gelap itu menjadi kuat, dan makin banyaklah rakyat yang memihak Absalom.

Air susu dibalas air tuba, demikianlah peribahasa yang berarti perbuatan baik terhadap seseorang dibalas dengan perbuatan jahat.
Peribahasa tersebut sangat cocok memggambarkan kehidupan Absalom, anak Daud.

1. Absalom, anak raja yang sangat disayang oleh Daud.
Absalom selalu dirindukan oleh Daud. Bahkan Daud bisa mengampuni Absalom ketika ia membunuh Amnon (anak Daud) yang memperkosa adik Absalom.

2. Absalom, memiliki fisik yang sempurna tetapi hatinya jahat.
2 Samuel 14:25 (TB)  Di seluruh Israel tidak ada yang begitu banyak dipuji kecantikannya seperti Absalom. Dari telapak kakinya sampai ujung kepalanya tidak ada cacat padanya.
Absalom dianugerahi Tuhan kesempurnaan secara fisik dan mendapatkan fasilitas terbaik sebagai anak raja, tetapi sayang hatinya seringkali merancangkan kejahatan.

3. Absalom, membalas kebaikan Daud dengan kejahatan.
Absalom ingin menjadi raja, ia mulai mengumpulkan massa dan menghasut rakyat untuk berpihak kepadanya.
2 Samuel 15:10 (TB)  Dalam pada itu Absalom telah mengirim utusan-utusan rahasia kepada segenap suku Israel dengan pesan: "Segera sesudah kamu mendengar bunyi sangkakala, berserulah: Absalom sudah menjadi raja di Hebron!"

Sikap dan perbuatan Absalom tidak layak untuk diikuti, ia membalas kebaikan dengan kejahatan bahkan kepada ayahnya sendiri yang sangat mengasihinya.
Roma 12:17 (TB)  Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan; lakukanlah apa yang baik bagi semua orang!
Tuhan menghendaki kita membalas kejahatan dengan kebaikan, bukan sebaliknya membalas kebaikan dengan kejahatan. Miliki sikap yang baik kepada semua orang. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages