Wibawa Ilahi



Sabtu, 11 Maret 2017

Yosua 4:14 (TB) Pada waktu itulah TUHAN membesarkan nama Yosua di mata seluruh orang Israel, sehingga mereka takut kepadanya, seperti mereka takut kepada Musa seumur hidupnya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, wibawa artinya pembawaan untuk dapat menguasai dan mempengaruhi dihormati orang lain melalui sikap dan tingkah laku yg mengandung kepemimpinan dan penuh daya tarik.

Yosua yang masih muda menggantikan Musa untuk memimpin bangsa Israel masuk Tanah Kanaan. Berulang kali Tuhan berkata jangan takut, bukan saja musuh-musuh yang ada di Tanah Kanaan, tetapi juga sikap bangsa Israel yang seringkali tegar tengkuk dan tidak taat terhadap perintah Tuhan.

Dalam hal ini Tuhan menyatakan penyertaan ilahi dalam kepemimpinan Yosua.
Tuhan membesarkan nama Yosua di antara bangsa Israel, melakukan mujizat dan memberikan kemenangan dalam peperangan sehingga bangsa Israel melihat sama seperti Tuhan menyertai Musa demikian pula Tuhan menyertai Yosua. Ada wibawa ilahi dalam kehidupan Yosua.

Dunia mengejar kewibawaan melalui kekuasaan. Orang-orang berlomba mendapatkan kekuasaan supaya namanya terkenal dan disegani oleh banyak orang. Tetapi tidak demikian dengan kepemimpinan Kristen.

Markus 10:43-44 (TB) Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu,
dan barangsiapa ingin menjadi yang terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hamba untuk semuanya.

Wibawa ilahi akan Tuhan berikan apabila kita setia dan taat kepada Tuhan, hidup dalam persekutuan dengan Tuhan, melakukan panggilan-Nya dan melayani Tuhan dan sesama dengan segenap hati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages