Menghargai Kehidupan



Senin, 27 Maret 2017

Mazmur 139:14 (TB) Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.

Survey terakhir tanggal 21 Maret 2017 yang dilakukan oleh pemerintah Jepang menemukan bahwa 1 dari 4 orang dewasa di Jepang berpikir untuk bunuh diri. Tekanan hidup di Jepang khususnya di kota besar sangat tinggi sehingga mengakibatkan banyak orang putus asa dan mengakhiri hidup dengan bunuh diri. Mengapa demikian? Sebab mereka tidak memiliki pengharapan kepada Tuhan yang menciptakan mereka.

Mungkin angka yang kita dapatkan di Indonesia jauh lebih rendah daripada di Jepang bila dilakukan survey. Akan tetapi menghargai kehidupan bukan hanya berarti tidak bunuh diri. Apa saja sikap menghargai kehidupan?

1. Bersyukur kepada Tuhan yang telah menciptakan hidup kita.
Bila kita renungkan kelebihan dan kesempurnaan manusia dibanding ciptaan yang lain, tak henti-hentinya kita mengucap syukur. Bersyukur untuk kepandaian, anggota tubuh, kesehatan dan kekuatan yang Tuhan berikan.

2. Menjaga kesehatan dan menjauhkan diri dari pencemaran tubuh.
Dengan menjaga makanan yang sehat, istirahat teratur, olah raga, menjaga pikiran tetap sukacita. Menjauhkan diri dari kebiasaan yang mengotori tubuh yaitu narkoba, miras, free seks dan merokok. Juga kebiasaan yang beresiko tinggi seperti kebut-kebutan dan tawuran.

3. Hidup dalam rencana dan kehendak Tuhan.
Mazmur 139:16 (TB) mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satu pun dari padanya.

Pada waktu Tuhan menciptakan kita Dia telah menetapkan rencana-Nya dalam hidup kita. Berdoalah, baca dan renungkan firman Tuhan agar kita mengerti kehendak-Nya dan mentaati-Nya.

4. Isilah kehidupan dengan karya yang positif.
Filipi 4:8 (TB) Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.

Apa yang kita pikirkan akan mendorong untuk kita lakukan. Dengan selalu berpikir yang baik akan membawa hidup kita berperilaku baik.

Tuhan memandang hidup kita berharga dan mulia, oleh sebab itu marilah kita menghargai kehidupan yang sudah dikaruniakan Tuhan. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages