Gosyen



Jumat, 10. Maret 2017

Kejadian 45:10 (TB) Engkau akan tinggal di tanah Gosyen dan akan dekat kepadaku, engkau serta anak dan cucumu, kambing domba dan lembu sapimu dan segala milikmu.

Gosyen, ×’ֹּשֶׁן - GOSYEN, artinya: mendekat. Meskipun bangsa Mesir tidak percaya kepada TUHAN, tetapi di Gosyen bangsa Israel semakin mendekat kepada TUHAN. Gosyen merupakan tanah pemberian Firaun untuk pemukiman bangsa Israel. Gosyen merupakan daerah yang baik untuk peternakan karena banyak padang rumput.

Secara rohani apakah makna Gosyen?

1. Pemeliharaan Tuhan

Firaun memberikan Tanah Gosyen untuk bangsa Israel tinggal.

Kej 47:6 Tanah Mesir ini terbuka untukmu. Tunjukkanlah kepada ayahmu dan kepada saudara-saudaramu tempat menetap di tempat yang terbaik dari negeri ini, biarlah mereka diam di tanah Gosyen. Dan jika engkau tahu di antara mereka orang-orang yang tangkas, tempatkanlah mereka menjadi pengawas ternakku."

2. Pelipatgandaan dari Tuhan

Setelah lolos dari masa kelaparan di Kanaan, Tuhan memberi kelegaan kepada bangsa Israel ketika tinggal di Gosyen sehingga mereka bertambah banyak.

Kej 47:27 Maka diamlah Israel di tanah Mesir, di tanah Gosyen, dan mereka menjadi penduduk di situ. Mereka beranak cucu dan sangat bertambah banyak.

3. Perlindungan Tuhan

Selama tulah dari Tuhan diberikan kepada bangsa Mesir, Gosyen selalu terlindung karena Tuhan mengasihi umat-Nya.

Keluaran 8:22 (TB) Tetapi pada hari itu Aku akan mengecualikan tanah Gosyen, di mana umat-Ku tinggal, sehingga di sana tidak ada terdapat pikat, supaya engkau mengetahui, bahwa Aku, TUHAN, ada di negeri ini.

Tinggal di Gosyen, bangsa Israel dibedakan dari orang Mesir karena mereka mendekat kepada Tuhan.

Yoh 15:7 Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.

Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages