Tuhan Tidak Lalai

 



Kamis, 21 Desember 2023


Bacaan Alkitab Setahun: 2 Petrus 1-3


2 Petrus 3:9 (TB)  Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat. 


Surat 2 Petrus 3 berbicara tentang hari Tuhan, yaitu kedatangan Tuhan Yesus yang kedua untuk menjemput dan mengangkat jemaat-Nya ke sorga. Sejak zaman para rasul bahkan sampai saat ini janji akan kedatangan-Nya terus-menerus diberitakan, tetapi sampai saat ini belum juga terjadi.


2 Petrus 3:9 (FAYH)  Tuhan bukan memperlambat kedatangan yang dijanjikan-Nya, meskipun kadang-kadang kelihatannya demikian, melainkan Ia sedang menunggu serta memberikan lebih banyak waktu kepada orang-orang berdosa untuk bertobat, karena Ia tidak menghendaki seorang pun binasa.


1. Ada yang menganggap Tuhan lalai.


Pandangan sebagian orang mengatakan bahwa Tuhan lalai atau berdusta terhadap janji kedatangan-Nya. Karena Tuhan tidak segera datang sehingga mereka berbuat dosa dan hidup dengan sembrono dalam segala macam perbuatan dosa. Mereka tidak lagi hidup kudus dan menantikan kedatangan Tuhan.


Matius 24:49-51 (TB)  Tuanku tidak datang-datang, lalu ia mulai memukul hamba-hamba lain, dan makan minum bersama-sama pemabuk-pemabuk,

maka tuan hamba itu akan datang pada hari yang tidak disangkakannya, dan pada saat yang tidak diketahuinya,

dan akan membunuh dia dan membuat dia senasib dengan orang-orang munafik. Di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi."


2. Tuhan masih memberi kesempatan.


Tuhan Yesus belum datang saat ini karena Ia masih memberi kesempatan kepada sebanyak mungkin orang untuk bertobat dan kembali kepada jalan yang benar. Sebab Tuhan tidak menghendaki seorang pun binasa. Sebagai gereja yang menerima amanat agung Tuhan Yesus, marilah kita giat melakukan pekerjaan Tuhan yaitu pemberitaan Injil supaya lebih banyak orang diselamatkan dalam masa kasih karunia ini. Gunakanlah kesempatan yang Tuhan berikan untuk bertobat, melayani Tuhan dan memberitakan Injil.


Yudas 1:22-23 (TB)  Tunjukkanlah belas kasihan kepada mereka yang ragu-ragu, 

selamatkanlah mereka dengan jalan merampas mereka dari api. Tetapi tunjukkanlah belas kasihan yang disertai ketakutan kepada orang-orang lain juga, dan bencilah pakaian mereka yang dicemarkan oleh keinginan-keinginan dosa. 


Tuhan tidak lalai, suatu saat sesuai dengan kehendak-Nya, Tuhan Yesus pasti datang kedua kalinya untuk menjemput jemaat-Nya. Waktu-Nya kita tidak tahu, hanya Bapa di sorga yang tahu. Dalam masa penantian ini, marilah kita gunakan sebagai kesempatan untuk bertobat dan memberitakan Injil supaya lebih banyak orang yang diselamatkan. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages