Cara Hidup Yang Baik

 



Senin, 18 Desember 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Yakobus 1-3


Yakobus 3:13 (TB)  Siapakah di antara kamu yang bijak dan berbudi? Baiklah ia dengan cara hidup yang baik menyatakan perbuatannya oleh hikmat yang lahir dari kelemahlembutan.


Seseorang dikenal apakah bijaksana atau bodoh dari perilaku atau cara hidupnya sehari-hari. Bagaimana cara hidup yang baik dari orang berhikmat?


1. Memiliki perilaku yang lemah lembut.


Lemah lembut artinya menjauhi perilaku kasar dan kejam baik dalam perkataan dan perbuatan. Bila seseorang hidup dipimpin oleh Roh Kudus maka ia akan menghasilkan buah Roh yaitu kelemahlembutan sehingga mampu menguasai diri dari segala perkataan dan perbuatan yang kasar dan kejam.


Galatia 5:22-23 (TB)  Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, 

kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.


2. Memiliki perilaku yang rendah hati.


Yakobus 3:13 (BIMK)  Kalau di antaramu ada orang yang bijaksana dan berbudi, hendaklah ia menunjukkannya dengan hidup baik dan dengan melakukan hal-hal yang baik, yang disertai kerendahan hati dan kebijaksanaan.


Dalam Alkitab Bahasa Indonesia Masa Kini, cara hidup yang baik dinyatakan melalui kerendahan hati. Artinya tidak sombong, tidak angkuh, tidak tinggi hati dan tidak keras kepala. Ia menganggap orang lain lebih utama daripada dirinya sendiri. Seorang yang rendah hati mampu menguasai diri ketika ditolak, tidak dihargai, dilecehkan maupun diperlakukan secara tidak adil.


Matius 5:16 (TB)  Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."


Tuhan menghendaki kita memiliki cara hidup yang baik di tengah-tengah dunia agar menjadi terang dan memuliakan nama Tuhan. Mintalah Roh Kudus menolong dan mengajar kita senantiasa lemah lembut dan rendah hati. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages