Kenikmatan Duniawi

 



Jumat, 22 Desember 2023


Bacaan Alkitab Setahun: 1 Yoh 1-3


1 Yohanes 2:16 (TB)  Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.


Manusia terdiri dari tubuh, jiwa dan roh. Tubuh dan jiwa selalu berhubungan dengan segala sesuatu yang berasal dari dunia. Tubuh adalah badan jasmani kita, sedangkan jiwa meliputi pikiran, perasaan dan kehendak. Tubuh dan jiwa bersifat fana hanya selama kita hidup di dunia sedangkan roh bersifat kekal karena akan tetap hidup walaupun tubuh sudah mati.


Manusia duniawi berlomba-lomba memuaskan tubuh dan jiwanya. Firman Tuhan menyebutkan ada tiga area yang berhubungan dengan kenikmatan duniawi:


1. Keinginan daging - berhubungan dengan memuaskan nafsu tubuh melalui makanan, minuman, seksual dan berbagai hal yang nikmat secara tubuh.

Keinginan daging apabila tidak dikendalikan akan membawa manusia jatuh ke dalam dosa.


2. Keinginan mata - berhubungan dengan memuaskan keinginan jiwa yaitu pikiran, perasaan dan kehendak.

Dalam hal ini memuaskan mata dengan tontonan yang menyenangkan. Tetapi bila tidak dikendalikan juga akan membawa manusia jatuh dalam dosa misal dosa pornografi, percabulan dan kemewahan.


3. Keangkuhan hidup - berhubungan dengan memuaskan keinginan jiwa. Keangkuhan hidup membawa manusia kepada kesombongan yang menentang dan menjauhkan diri dari Allah. Keangkuhan hidup membawa manusia mengandalkan diri sendiri, mengandalkan harta, jabatan dan kepandaiannya sehingga tidak mengandalkan Tuhan.


Kita harus mengendalikan keinginan tubuh dan jiwa agar tidak membawa kita ke dalam dosa. Sebaliknya kita harus membangun manusia roh kita agar semakin kuat sehingga bisa mengendalikan keinginan tubuh dan jiwa kita. Peliharalah persekutuan dengan Tuhan dan Firman-Nya, akan membuat roh Anda semakin kuat dalam menghadapi berbagai pencobaan yaitu keinginan duniawi. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages