Membangun Gereja


 Minggu, 3 Desember 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Efesus 1-3


Efesus 2:21 (TB)  Di dalam Dia tumbuh seluruh bangunan, rapi tersusun, menjadi bait Allah yang kudus, di dalam Tuhan. 


Gereja, rumah atau bait Allah yang dimaksud dalam hal ini, bukanlah gedung atau bangunan secara fisik tetapi persekutuan orang percaya. 


1. Gereja yang tumbuh


Gereja yang tumbuh artinya selalu berkembang dan bertambah baik secara kualitas maupun kuantitas. Secara kualitas artinya ada pertumbuhan iman, pengenalan dan ketaatan kepada Kristus. Sedangkan secara kuantitas artinya pertumbuhan jumlah jemaat dan pengaruhnya bagi dunia. Sebagai jemaat marilah kita mengambil bagian untuk menumbuhkan gereja dengan menjadi jemaat yang setia dan membawa jiwa-jiwa kepada Tuhan.


2. Gereja yang rapi tersusun


Setiap jemaat adalah bagian dari gereja. Rapi tersusun artinya dibentuk karakternya dan ditempatkan sesuai fungsinya dalam tubuh Kristus. Setiap karakter yang buruk dibuang dan karakter Kristus ditumbuhkan dalam setiap pribadi jemaat. Dalam gereja harus ada keteraturan dan ketaatan kepada otoritas. Kehendak Tuhan adalah mewujudkan gereja yang rapi tersusun. Tetapi jemaat yang "semau sendiri" dan tidak mau terikat, tidak mau tunduk melawan kehendak Tuhan.


3. Gereja yang kudus


Gereja berasal dari bahasa Yunani "eklesia" yang artinya sekumpulan orang percaya yang dipanggil keluar dan dipisahkan dari kegelapan. Ini berarti gereja harus kudus, dan tidak memberi ruang kehidupan dosa dan keduniawian mengambil peran dalam pelayanan di gereja. Jemaat yang hidup dalam kekudusan dan takut akan Tuhan akan menumbuhkan gereja yang kudus dan berkenan kepada Tuhan.


Jangan berpendapat bahwa gereja adalah kumpulan orang Kristen yang tidak jelas. Pengertian kita harus sesuai dengan firman Tuhan bahwa gereja (jemaat) harus bertumbuh, rapi tersusun dan hidup dalam kekudusan. Jadilah batu-batu yang hidup yang mau dipakai Tuhan untuk membangun gereja-Nya. Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan Yesus memberkati. (PBW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages