Pengajaran Dalam Gereja

 



Senin, 11 Desember 2023


Bacaan Alkitab Setahun: 2 Timotius 1-4


2 Timotius 4:2 (TB)  Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran.


Gereja adalah pusat pengajaran firman Tuhan, di dalamnya diberitakan ragam hikmat dan pengertian. 


1. Beritakanlah firman dalam segala keadaan.


Gereja yang hidup dalam panggilan Tuhan selalu memberitakan kebenaran firman Tuhan dengan tegas. Gereja bukan hanya menjadi tempat berkumpul dan menghibur tetapi mentransformasi setiap jemaat kepada kehidupan yang baru. Sebab itu gereja yang sehat bukan dibangun berdasarkan pengalaman atau karisma seseorang. Gereja yang sehat dibangun di atas dasar pengajaran firman Tuhan.


Kolose 2:7 (TB)  Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.


2. Nyatakanlah apa yang salah


Gereja adalah bendmark (tolok ukur) untuk menilai segala sesuatu berdasarkan firman Tuhan. Gereja yang hidup berani menyuarakan kebenaran dan menegur apa yang salah tanpa pandang bulu. Dosa atau kesalahan yang dibiarkan (diabaikan) akan menular kepada jemaat yang lain sehingga semakin berkembang dan sulit untuk dipulihkan. Sebab itu janganlah memberi kesempatan kepada dosa untuk tumbuh. Sebagai jemaat hendaklah kita meresponi kebenaran firman Tuhan, bila menegur kita janganlah tersinggung dan baper tetapi sadarilah semua untuk kebaikan kita.


2 Timotius 3:16 (TB)  Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.


3. Tegor dan nasihatilah dengan kesabaran dan pengajaran.


Pengajaran yang sehat dalam gereja adalah memberitakan kebenaran, menegor kesalahan dan memberikan nasihat (solusi). Tidak semua orang ketika ditegor langsung berubah, ada kalanya membutuhkan waktu untuk berproses. Sebab itu lakukanlah dengan penuh kesabaran. Sedangkan ketidaksabaran akan menimbulkan keputusasaan dan pembentukan karakter yang tidak sempurna.


1 Tesalonika 5:14 (TB)  Kami juga menasihati kamu, saudara-saudara, tegorlah mereka yang hidup dengan tidak tertib, hiburlah mereka yang tawar hati, belalah mereka yang lemah, sabarlah terhadap semua orang.


Efesus 2:19-20 (TB)  Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah,

yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru. 


Pelajaran apa yang kita dapatkan hari ini?

Jikalau kita menjadi jemaat, menerima firman Tuhan yang menegor dan menasihati kita, jangan keraskan hati melainkan terimalah dan lakukanlah kebenaran firman Tuhan dalam hidup kita. Maka kita akan menjadi jemaat (gereja) yang sehat yang dibangun di atas dasar pengajaran firman Tuhan. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages