Menjalankan Tugas Dari Tuhan

 



Selasa, 12 Desember 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Titus 1-3


Titus 1:5-6 (TB)  Aku telah meninggalkan engkau di Kreta dengan maksud ini, supaya engkau mengatur apa yang masih perlu diatur dan supaya engkau menetapkan penatua-penatua di setiap kota, seperti yang telah kupesankan kepadamu,

yakni orang-orang yang tak bercacat, yang mempunyai hanya satu isteri, yang anak-anaknya hidup beriman dan tidak dapat dituduh karena hidup tidak senonoh atau hidup tidak tertib. 


Paulus membangun tim dalam pelayanannya. Seperti contohnya di Kreta, setelah Paulus memberitakan Injil dan merintis jemaat, ia menugaskan Titus tinggal di Kreta untuk menumbuhkan dan mendewasakan jemaat. Tugas Titus adalah mengatur pelayanan jemaat di Kreta (manajemen), menetapkan para penatua (pemimpin) sesuai dengan kriteria firman Tuhan.


Di mana Tuhan menempatkan kita, di situ ada tugas dari Tuhan yang harus kita kerjakan. Misalnya bila Tuhan menempatkan kita di sebuah kota, kita harus mengusahakan kesejahteraannya.


Yeremia 29:7 (TB)  Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu. 


Demikian pula bila Tuhan menempatkan kita di sebuah jemaat / gereja, maka kita bukanlah hanya datang untuk menikmati tetapi kita harus melakukan tugas yang Tuhan percayakan. Libatkanlah diri kita dalam persekutuan, memberkati dan membangun jemaat serta menjangkau jiwa-jiwa agar gereja semakin bertumbuh. Kita perlu mendukung pelayanan dengan doa, daya dan dana.


1 Petrus 4:10 (TB)  Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah.


Pada intinya selagi Tuhan memberikan kehidupan, maka kehendak Tuhan agar kita hidup dan menghasilkan buah yang bisa dinikmati oleh semua orang.


Filipi 1:21-22 (TB)  Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan. 

Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah. Jadi mana yang harus kupilih, aku tidak tahu.


Kiranya renungan hari ini memotivasi kita semakin giat dalam pekerjaan Tuhan sebagai wujud rasa syukur kita kepada kebaikan-Nya. Suatu saat kita akan menerima upah dari Tuhan, yaitu mereka yang setia melayani Tuhan sampai akhir hidupnya. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages