Goncangan Dalam Hidup

 



Minggu, 17 Desember 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Ibrani 10-13


Ibrani 12:27 (TB)  Ungkapan "Satu kali lagi" menunjuk kepada perubahan pada apa yang dapat digoncangkan, karena ia dijadikan supaya tinggal tetap apa yang tidak tergoncangkan.


Selama kita hidup di dunia goncangan hidup terus-menerus terjadi. Ada goncangan dalam kehidupan pribadi, keluarga, pekerjaan bahkan terjadi juga di dalam pelayanan. Bahkan ada goncangan "besar" yang kita rasakan. Tidak jarang hal tersebut membuat iman dan pengabdian beberapa orang kepada Tuhan menjadi lemah.


1. Tujuan di balik goncangan hidup


Marilah kita belajar bahwa tujuan di balik  goncangan itu adalah supaya tinggal tetap apa yang tidak tergoncangkan. Goncangan hidup bagaikan ujian untuk melihat dan mengevaluasi iman kita apakah sungguh-sungguh percaya kepada Tuhan ataukah hanya iman yang semu.


Ketika goncangan "besar" terjadi di dalam hidup kita apakah membuat kita padam ataukah semakin menyala-nyala bagi Tuhan. Bila suatu gempa bumi yang hebat terjadi kita akan melihat ada rumah-rumah yang rusak dan roboh, tetapi juga ada rumah-rumah yang tetap berdiri kokoh. Bila goncangan "besar" terjadi di dalam hidup kita, apakah kita tetap berdiri kokoh dalam iman?


2. Hidup dalam kerajaan yang tidak tergoncangkan.


Ibrani 12:28 (TB)  Jadi, karena kita menerima kerajaan yang tidak tergoncangkan, marilah kita mengucap syukur dan beribadah kepada Allah menurut cara yang berkenan kepada-Nya, dengan hormat dan takut.


Bila kita hidup sungguh-sungguh percaya dan taat kepada Kristus, maka menempatkan kita dalam kerajaan-Nya yang tidak dapat tergoncangkan. Goncangan demi goncangan terjadi, bahkan goncangan "besar" tetapi tidak dapat merusakkan dan meruntuhkan iman kita.


3. Hidup dalam ibadah dan pengucapan syukur.


Agar kita tetap kokoh dalam iman dan bertahan dalam menghadapi goncangan, Ibrani 12:28 menasihatkan supaya kita mengucap syukur dan beribadah kepada Allah menurut cara yang berkenan kepada-Nya dengan hormat dan takut akan Tuhan. Jadi ucapan syukur yang ibadah yang berkenan akan membangun iman yang kokoh dalam menghadapi goncangan.


Bila kita saat ini sedang mengalami goncangan dalam hidup, janganlah menjauh dari Tuhan. Sebaliknya hiduplah dalam persekutuan yang intim dengan Tuhan, percaya janji-janji-Nya dan hiduplah menjadi pelaku firman Tuhan. Maka hidup kita akan tetap kokoh dalam mengarungi berbagai goncangan hidup. Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages