Membawa Orang Lain Bertobat

 



Selasa, 19 Desember 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Yakobus 4-5


Yakobus 5:19-20 (TB)  Saudara-saudaraku, jika ada di antara kamu yang menyimpang dari kebenaran dan ada seorang yang membuat dia berbalik,

ketahuilah, bahwa barangsiapa membuat orang berdosa berbalik dari jalannya yang sesat, ia akan menyelamatkan jiwa orang itu dari maut dan menutupi banyak dosa. 


Di akhir zaman ini semakin sedikit orang yang peduli dengan orang lain, terlebih lagi peduli untuk mengajak dan menasihati orang lain agar bertobat dari dosa-dosa mereka.


Apa saja yang menyebabkan seseorang menjadi masa bodoh dengan dosa-dosa orang lain?


1. Egois.

Hanya memikirkan diri sendiri, tidak peduli apakah orang lain selamat atau tidak, yang penting diri sendiri sudah diselamatkan.


2. Terlalu sibuk dengan diri sendiri.

Terlalu sibuk dengan keluarga, pekerjaan bahkan pelayanan menjadi penghalang untuk melayani orang lain dan membawa mereka kepada pertobatan.


3. Tidak memiliki belas kasihan.

Sebagian besar orang Kristen tidak memiliki belas kasihan kepada jiwa-jiwa yang terhilang dan mereka yang hidup dalam dosa sehingga cuek atau masa bodoh dengan mereka. Padahal belas kasihan adalah kunci yang menggerakkan kasih dan kuasa Tuhan yang bekerja dalam kehidupan seseorang.


4. Malu dan tidak berani.

Ada pula yang memiliki kerinduan tapi sebatas hanya kerinduan karena malu dan tidak berani bertindak. Ada juga yang takut dimarahi atau ditolak. Padahal kedatangan mereka yang membawa kabar baik sangat dinanti-nantikan.


Yesaya 52:7 (TB)  Betapa indahnya kelihatan dari puncak bukit-bukit kedatangan pembawa berita, yang mengabarkan berita damai dan memberitakan kabar baik, yang mengabarkan berita selamat dan berkata kepada Sion: "Allahmu itu Raja!".


Tuhan Yesus mengajak kita untuk peduli dan mengajak mereka yang berdosa kembali kepada jalan kebenaran. Hal ini akan menyelamatkan jiwa-jiwa dan menutupi banyak dosa mereka.


Matius 10:7-8 (TB)  Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat.

Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma.


Pada akhir kehidupan kita, seseorang berdiri di hadapan pengadilan sorgawi. Mahkota kebenaran akan diberikan kepada orang-orang yang selama hidup menjalankan amanat agung dan membawa banyak jiwa-jiwa bertobat dan percaya kepada Tuhan Yesus. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages