Pergunakanlah Waktu Yang Ada

 



Senin, 4 Desember 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Efesus 4-6


Efesus 5:16 (TB)  dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.  


Tuhan memberikan kepada kita waktu 24 jam setiap hari. Nasihat firman Tuhan agar kita mempergunakan waktu yang ada (yang Tuhan berikan) karena hari-hari ini adalah jahat. Apakah maksudnya?


Tuhan menghendaki kita mempergunakan waktu yang Tuhan berikan untuk hal-hal yang positif. Dengan kata lain sebagai kesempatan yang ada untuk melakukan kebajikan.


Efesus 5:15 (FAYH)  Jadi, berhati-hatilah dengan kelakuan Saudara; masa ini adalah masa yang jahat. Jangan berlaku bodoh, tetapi jadilah bijaksana; pakailah setiap kesempatan yang ada untuk melakukan kebajikan.


Membuang-buang waktu atau bermalas-malasan akan membuat kita jatuh ke dalam pencobaan. Mengapa demikian? Karena akan timbul berbagai macam keinginan hawa nafsu dan jika dibuahi (dilakukan) akan melahirkan dosa.


Sebagai contoh kita melihat kejatuhan Daud berzinah dengan Batsyeba. Di saat semua prajurit maju berperang, Daud bermalas-malasan, berjalan-jalan di sotoh (atap) istana dan melihat perempuan elok yang sedang mandi. Timbullah hawa nafsu untuk memanggil perempuan itu dan tidur dengannya. Usaha untuk menutupi dosanya tidak berhasil sehingga Daud membuat Uria tewas di medan perang. Setelah itu Daud mengambil Batsyeba menjadi isterinya. Hal ini dipandang jahat di mata Tuhan.


Bila kita tidak mempergunakan waktu dengan baik, bermalas-malasan dan membuang-buang waktu maka akan timbul keinginan yang "aneh-aneh" untuk memuaskan hawa nafsu. Ada yang melakukan percabulan, kemesuman, kemabukan, perjudian, mengkonsumsi narkoba dan sebagainya.


Sebab itu marilah kita mempergunakan waktu dengan bijaksana. Gunakanlah waktu untuk berdoa, memuji Tuhan, membaca Alkitab, mendengarkan kotbah dan giat dalam pekerjaan dan pelayanan. Dengan banyak kesibukan maka tidak ada waktu untuk memikirkan dan menginginkan hal-hal yang berdosa. 


Sesungguhnya hari-hari ini adalah baik jika kita gunakan untuk memuliakan Tuhan. Tetapi jika kita bermalas-malas dan kita sia-siakan akan berubah menjadi hari-hari yang jahat penuh dengan pencobaan yang menyebabkan seseorang jatuh ke dalam dosa.


Roma 12:11 (FAYH)  Janganlah Saudara bermalas-malas dalam melakukan pekerjaan, melainkan layanilah Tuhan dengan giat.


1 Korintus 15:58 (TB)  Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.


Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages