Jangan Mengandalkan Manusia



Kamis, 2 Juli 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 146-150

Mazmur 146:3 (TB)  Janganlah percaya kepada para bangsawan, kepada anak manusia yang tidak dapat memberikan keselamatan.

Istilah backing pejabat, backing pengusaha, backing jenderal atau bahkan backing preman pernah menjadi tren dan terjadi di Indonesia. Orang-orang yang menjalankan bisnis dengan dukungan (backing) dari orang-orang yang memiliki kedudukan atau kekuasaan. Demikian pula orang-orang yang sedang menghadapi kasus hukum maupun mencari keuntungan bagi dirinya sendiri.
Ada juga fenomena rohani di mana orang-orang Kristen mengandalkan hamba Tuhan atau rohaniwan tertentu.

Firman Tuhan mengingatkan kita agar tidak percaya kepada bangsawan atau manusia. Bahkan mereka yang mengandalkan manusia disebut terkutuk.
Yeremia 17:5 (TB)  Beginilah firman TUHAN: "Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN!

Mengapa kita tidak boleh mengandalkan manusia?

1. Manusia bisa mengingkari janji.
Bisa saja mereka yang kita andalkan baik bangsawan, pejabat maupun orang yang memiliki kedudukan berubah pikiran sehingga tidak lagi mau mendukung kita. Sebab banyak manusia yang masih hitung-hitungan untung rugi baik secara finasial, sosial maupun politik.

2. Kedudukan dan jabatan adalah sementara.
Seseorang mungkin bisa mendukung ketika sedang menjabat, tetapi ketika jabatan sudah berakhir maka dukungan pun akan berkurang kuasanya. Baik harta, kedudukan maupun kekuasaan bersifat sementara.

3. Mengandalkan manusia berarti tidak mempercayai Tuhan.
Itulah sebabnya dalam Yeremia 17:5, disebutkan terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, sebab mereka tidak mempercayai Tuhan. Dalam setiap pergumulan hidup, janganlah mengandalkan manusia sebagai sumber pertolongan, tetapi carilah wajah Tuhan dan serahkanlah segala persoalan hidup kita kepada-Nya.

Hanya kepada Tuhan Yesus Kristus kita harus mempercayakan hidup kita, sebab Tuhan telah mengaruniakan segala kekuasaan di sorga dan di bumi.
Matius 28:18 (TB)  Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.

Filipi 2:9-10 (TB)  Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama,
supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi,

Yeremia 17:7 (TB)  Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!
Jangan mengandalkan manusia tetapi marilah kita mengandalkan Tuhan senantiasa. Tuhan memberkati. (Ps.BW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages