Berkat Dari Hikmat


Jumat, 3 Juli 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Amsal 1-3

Amsal 3:16 (TB)  Umur panjang ada di tangan kanannya, di tangan kirinya kekayaan dan kehormatan.

Umur panjang, kekayaan dan kehormatan adalah harapan dan doa semua orang. Seringkali menjadi ayat emas bagi orang yang berulang tahun. Tetapi sesungguhnya ada syarat yang harus dipenuhi sebelum tertulis di ayat tersebut, yaitu mendapatkan hikmat.
Amsal 3:13 (TB)  Berbahagialah orang yang mendapat hikmat, orang yang memperoleh kepandaian,

1. Apakah hikmat itu?
Hikmat adalah pengetahuan dan pengertian yang didapatkan melalui didikan Tuhan, baik melalui firman Tuhan maupun kehidupan sehari-hari.
Hikmat diawali dari takut akan Tuhan, jadi seorang yang hidupnya takut akan Tuhan akan mendapatkan banyak hikmat dan pengetahuan dari Tuhan.
Amsal 1:7 (TB)  Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.

2. Mengapa hikmat sangat penting bagi kehidupan kita?
Sebab hikmat akan memelihara hidup kita dan melindungi kita dari segala yang jahat. Orang yang memiliki hikmat akan dapat bertindak yang baik dan benar untuk kehidupannya sehingga akan memiliki masa depan yang baik.
Amsal 2:10-11 (TB)  Karena hikmat akan masuk ke dalam hatimu dan pengetahuan akan menyenangkan jiwamu;
kebijaksanaan akan memelihara engkau, kepandaian akan menjaga engkau.

Di saat kita merayakan ulang tahun atau momen yang spesial dalam hidup, adalah baik untuk kita merenungkan apakah kita mengalami pertambahan hikmat dan semakin bijaksana? Jikalau belum kita bisa meminta kepada Tuhan dan dengan penuh kerinduan kita merenungkan firman-Nya.
Yakobus 1:5 (TB)  Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, — yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit —, maka hal itu akan diberikan kepadanya.

Selamat beraktifitas dan Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages