Umat Yang Dipelihara Tuhan



Kamis, 23 Juli 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 13-15

Yesaya 14:30 (TB)  Yang paling hina dari umat-Ku akan mendapat makanan dan orang-orang miskin akan diam dengan tenteram, tetapi keturunanmu akan Kumatikan dengan kelaparan, dan sisa-sisamu akan Kubunuh.

Filistea (Filistin) adalah musuh bebuyutan bagi bangsa Israel. Bangsa Israel banyak mengalami penderitaan karena intimidasi, peperangan, penjarahan dan penindasan yang dilakukan oleh Filistin. Tetapi berulang-ulang kali Tuhan melindungi dan memelihara bangsa Israel dari bangsa Filistin. Salah satunya yang terkenal Tuhan memakai Daud untuk mengalahkan Goliat dari bangsa Filistin.

Filistin menggambarkan musuh yang dihadapi oleh orang percaya yaitu penderitaan oleh ketakutan (intimidasi), peperangan rohani dan perbudakan oleh dosa atau dunia.

1. Pemeliharaan Tuhan atas umat-Nya.
Yang paling hina dari umat-Ku akan mendapat makanan dan orang-orang miskin akan diam dengan tenteram. (Yes 14:30a). Ayat ini menunjukkan perlindungan dan pemeliharaan Tuhan. Sekalipun kita bagaikan domba di tengah-tengah serigala tetapi Tuhan tetap menyertai. Hina dan miskin yang tertulis tidak selalu dalam arti harafiah (jasmani) melainkan simbol akan segala keterbatasan kita.

2. Penghukuman atas orang fasik.
Tetapi keturunanmu akan Kumatikan dengan kelaparan, dan sisa-sisamu akan Kubunuh. (Yes 14:30b). Ayat tersebut ditujukan untuk orang fasik atau orang-orang yang melakukan kejahatan kepada orang benar (umat Tuhan). Jadi jangan iri kalau melihat saat ini orang jahat sedang beria-ria atas orang benar. Tuhan yang akan membalaskan kejahatan mereka.

Ayub 36:6-7 (TB)  Ia tidak membiarkan orang fasik hidup, tetapi memberi keadilan kepada orang-orang sengsara;
Ia tidak mengalihkan pandangan mata-Nya dari orang benar, tetapi menempatkan mereka untuk selama-lamanya di samping raja-raja di atas takhta, sehingga mereka tinggi martabatnya.
Dalam penderitaannya, Ayub menyaksikan seakan-akan orang fasik beria-ria dalam kejahatan mereka. Tetapi Ayub sendiri mengalami tangan Tuhan yang melindungi, memelihara bahkan mengangkat orang-orang benar dalam kemuliaan.


Jadi jika Anda saat ini sedang mengalami pergumulan, dalam kehinaan atau kemiskinan, dalam sakit dalam tekanan ... percayalah akan pemeliharaan Tuhan. Tuhan tidak pernah tertidur, Ia senantiasa menjaga dan memelihara hidup kita. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages