Kedudukan Tidak Meluputkan Hukuman



Minggu, 26 Juli 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 24:2

Yesaya 24:2 (FAYH)  Tidak seorang pun akan terluput: rakyat jelata maupun para imam, hamba maupun majikan, laki-laki maupun perempuan, pembeli maupun penjual, peminjam maupun yang memberi pinjaman, yang berhutang maupun yang memberi piutang.

Salah satu topik nubuatan kitab Yesaya adalah kehancuran bumi pada saat akhir zaman. Pada waktu itulah ada pemisahan antara orang benar dan orang fasik. Sayangnya banyak orang di dunia saat ini tidak menyiapkan diri untuk akhir zaman. Mereka tidak percaya kepada keselamatan yang diberikan melalui Tuhan Yesus. Sebaliknya mereka mengejar kepuasan daging, kedudukan maupun kekayaan.

1. Apapun status dan kedudukannya, orang fasik tidak akan terluput dari hukuman.
Yesaya membuat paradok antara rakyat jelata maupun para imam, hamba maupun majikan, laki-laki maupun perempuan, pembeli maupun penjual, peminjam maupun yang memberi pinjaman, yang berhutang maupun yang memberi piutang. Baik status, kedudukan tinggi maupun rendah, jika hidupnya fasik yaitu hidup dalam dosa tidak akan terluput dari hukuman di akhir zaman. Oleh sebab itu jangan hanya mengejar status dan kedudukan, melainkan hiduplah dalam anugerah, kasih dan kebenaran.

2. Orang benar akan terluput dari hukuman.
Orang benar yang dimaksud adalah mereka yang telah menerima anugerah pengampunan melalui Tuhan Yesus dan hidup seturut dengan firman-Nya. Mungkin saja status dan kedudukannya tidak tinggi, tapi di akhir zaman akan ditinggikan dan dimuliakan oleh Tuhan. Kedudukan dan kekayaan di dunia hanya sementara tetapi kehidupan di Sorga adalah kekal. Oleh sebab itu hiduplah di dunia sebagai persiapan untuk menerima hidup yang kekal. Jangan hidup dalam dosa sehingga jauh dari rencana Tuhan..

Yoel 2:31-32 (FAYH)  "Matahari akan menjadi gelap dan bulan akan menjadi merah darah sebelum Hari TUHAN yang dahsyat dan mengerikan itu datang.
"Setiap orang yang berseru kepada nama TUHAN akan diselamatkan. Bahkan di Gunung Sion dan di Yerusalem pun ada yang akan diselamatkan, seperti yang telah dijanjikan TUHAN, karena Ia telah memilih beberapa orang untuk tetap hidup. "


Status, kedudukan dan kekayaan adalah pemberian Tuhan. Yang terutama adalah Tuhan sebagai sumber kehidupan dan keselamatan. Oleh sebab itu jangan hanya mengejar duniawi, melainkan prioritaskan hidupmu agar berkenan di hadapan Tuhan, maka Tuhan akan menganugerahkan berkat sesuai dengan janji-janji-Nya. Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages