Belajar Dari Semut



Sabtu, 4 Juli 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Amsal 4-6

Amsal 6:6 (TB)  Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak:

Semut termasuk binatang yang kecil, tetapi ironisnya kita manusia yang memiliki banyak kelebihan disuruh belajar kepada semut. 
Apa sifat istimewa dari semut?

1. Semut memiliki sifat rajin.
Semut rajin bekerja sekalipun tidak disuruh oleh pemimpin atau penguasanya. Mereka bekerja atas kemauan sendiri dan itulah gaya hidupnya. Semut bukanlah pemalas yang hanya menghabiskan waktu untuk hal yang sia-sia. Mereka bekerja untuk mengumpulkan makanan.
Amsal 6:7 (TB)  biarpun tidak ada pemimpinnya, pengaturnya atau penguasanya,

2. Semut menyimpan makanan.
Hasil dari pekerjaan bukan hanya untuk dinikmati, tetapi disimpan. Mereka makan secukupnya, selebihnya disimpan. Di musim panas (panen) mereka bekerja dan mengumpulkan roti. Maksudnya musim apapun yang mereka bisa bekerja mereka akan tetap bekerja. Kecuali musim dingin (paceklik) atau musim tidak bisa mencari makanan, maka mereka bersama-sama akan menikmati makanan yang telah disimpan. Di sini semut pandai melakukan "saving" sehingga saat membutuhkan, selalu tersedia.
Amsal 6:8 (TB)  ia menyediakan rotinya di musim panas, dan mengumpulkan makanannya pada waktu panen.

3. Semut hidup rukun.
Tidak ada perkelahian antar semut memperebutkan makanan. Justru satu dengan yang lain bekerja sama untuk mengumpulkan makanan. Bila ada makanan besar yang mereka temukan, semut tidak egois tetapi akan mengundang teman-teman mereka untuk menikmati dan bersama-sama mengangkat ke dalam lumbung.
Jika semut berpapasan mereka saling menyapa (mencium), membuktikan bahwa mereka hidup dengan rukun, setara, senasib sepenanggungan dan saling peduli satu sama lain.


Kitab Amsal memang kumpulan ayat yang membuat kita semakin bijaksana. Kita disuruh belajar kepada semut, binatang kecil tetapi memiliki banyak kelebihan. Jangan sampai kita yang diciptakan segambar dengan Allah kalah dengan semut. Marilah kita berbenah: jangan malas, rajin menabung (saving) dan hidup dengan rukun. Tuhan memberkati. (Ps.BW)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages