Mata Air Keselamatan



Rabu, 22 Juli 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 10-12

Yesaya 12:3 (TB)  Maka kamu akan menimba air dengan kegirangan dari mata air keselamatan.

Air sangat diperlukan bagi kehidupan. Bayangkan jika Anda sedang dalam perjalanan di padang pasir yang terik dan gersang, berpuluh-puluh kilometer. Maka yang Anda harapkan adalah sumber air. Ketika Anda menemukan wadi atau mata air, maka Anda akan melupakan seluruh kelelahan dan kepenatan hidup. Anda akan minum, membersihkan diri bahkan mandi dengan air tersebut.

Mata air keselamatan adalah gambaran dari Tuhan Yesus sendiri. Setiap orang yang berjumpa dengan Tuhan Yesus akan mengalami keselamatan dan sukacita yang berlimpah-limpah.

Suatu hari, seorang wanita mendatangi sumur di daerah Samaria (Yohanes 4:7). Ia datang di siang hari, ketika hanya sedikit orang yang pergi ke sana sebab mungkin ia malu dengan keadaannya yang menjadi aib bagi masyarakat. Namun, ia terkejut ketika seorang laki-laki muda Yahudi meminta air kepadanya. Dengan melontarkan permintaan itu, Yesus meruntuhkan penghalang besar wanita tersebut. Wanita itu sudah berkali-kali menikah, lagi pula ia bukan orang Yahudi tetapi orang Samaria sehingga orang Yahudi tidak bergaul dengan orang Samaria yang kafir.

Yesus menawarkan air yang jauh lebih baik daripada air sumur itu. Dia memiliki “air hidup”, yang hanya dapat diberikan oleh Dia (Yoh 4:10,13,14). Saya yakin perempuan itu mengambil air tersebut dan dibersihkan secara rohani oleh Yesus, karena ia menceritakan kepada setiap orang apa yang telah dialaminya, “Mari, lihat! Di sana ada seorang yang mengatakan kepadaku segala sesuatu yang telah kuperbuat. Mungkinkah Dia Kristus itu?” (ayat 29). Perempuan Samaria tersebut mengalami kegirangan (sukacita) yang luar biasa sebab telah menerima keselamatan dari Tuhan.

Apakah Anda sedang berada di “sumur”? Apakah jiwa Anda haus akan Allah? Apakah Anda membutuhkan pembersihan dan kesegaran yang Dia tawarkan? Dia sedang menunggu di sana untuk memuaskan Anda dengan “air hidup” keselamatan dan kehidupan kekal.


Harta, kekayaan, jabatan dan kesenangan duniawi tidak akan dapat memuaskan jiwa Anda. Hanya di dalam Yesus, Anda akan menemukan sukacita dan keselamatan yang sejati. Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages