Rancangan Dan Strategi




Kamis, 9 Juli 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Amsal 19-21

Amsal 20:18 (TB)  Rancangan terlaksana oleh pertimbangan, sebab itu berperanglah dengan siasat.

Kitab Amsal berisi nasehat bijaksana yang diberikan kepada kita supaya memiliki kehidupan yang sukses. Dalam ayat tersebut salah satu kunci mencapai kesuksesan adalah memiliki rancangan dan strategi (siasat).

Rancangan menurut KBBI adalah sesuatu yang sudah dirancang; hasil merancang; rencana; program; desain.
Sedangkan strategi adalah 1 ilmu dan seni menggunakan semua sumber daya bangsa(-bangsa) untuk melaksanakan kebijaksanaan tertentu dalam perang dan damai; 2 ilmu dan seni memimpin bala tentara untuk menghadapi musuh dalam perang, dalam kondisi yang menguntungkan: sebagai komandan ia memang menguasai betul -- seorang perwira di medan perang; 3 rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus; 4 tempat yang baik menurut siasat perang.

Beberapa hal yang kita renungkan saat ini:

1. Miliki rancangan dalam menjalani hidup.
Rancangan seperti sebuah peta yang akan membawa kita kepada sebuah tujuan. Atau sebuah cetak biru desain rumah yang kita bangun. Dengan rancangan maka kita bisa membangun dengan tepat sehingga mendapatkan hasil yang optimal.
Hidup tanpa rencana ibarat membangun rumah dengan asal-asalan, dengan material seadanya dan waktu yang tidak jelas. Kadang kala harus mengalami bongkar pasang akibat salah langkah. Akibatnya mengalami banyak kerugian biaya, waktu maupun tenaga.
Tetapkan rancangan (visi) dalam hidup baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang supaya perjalanan hidup kita menjadi efektif.

2. Strategi adalah ilmu (hikmat) dan seni (kemampuan) untuk mewujudkan rancangan.
Ilmu (hikmat) adalah segala pengetahuan dan pengertian yang dibutuhkan untuk mewujudkan rancangan. Sedangkan seni (kemampuan) adalah sebuah keterampilan diri dalam menggunakan segala potensi diri maupun kerja sama (kolaborasi) dari banyak pihak.

Beberapa contoh misalnya:
A. Seorang pelajar memiliki cita-cita (rancangan), melakukan strategi pembelajaran pribadi, berapa jam sehari, berapa bab dalam sehari, berapa jumlah latihan soal dalam sehari, belajar kelompok, bimbingan tes serta melakukan metode pembelajaran yang efektif.
B. Seorang wirausaha memiliki planing (goal) dalam bisnisnya, melakukan strategi produk, promosi, marketing, manajemen, meningkatkan kepemimpinan, evaluasi dan sebagainya.
C. Sebuah keluarga memiliki rancangan membeli rumah, menyisihkan uang untuk ditabung, menghemat pengeluaran dan melakukan usaha-usaha sampingan untuk mempercepat terwujudnya rancangan tersebut.

Demikian pula secara rohani kita harus memiliki rancangan dan startegi. Misalnya rancangan pertumbuhan iman dan pelayanan. Strategi yang ditempuh dengan berada di gereja lokal, memperlengkapi diri melalui saat teduh, mengikuti seminar, giat berlatih dan membentuk karakter seorang pelayan.


Rancangan dan strategi adalah seperti dua sisi mata uang. Rancangan tanpa strategi hanya "omdo" (omong doang), demikian pula strategi tanpa rancangan tidak akan mencapai tujuan.
Oleh sebab itu dalam segala aspek kehidupan milikilah rancangan dan strategi, supaya kita memiliki kehidupan yang sukses. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages