Takut Akan Tuhan


Minggu, 5 Juli 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Amsal 7-9

Amsal 8:13 (TB)  Takut akan TUHAN ialah membenci kejahatan; aku benci kepada kesombongan, kecongkakan, tingkah laku yang jahat, dan mulut penuh tipu muslihat.

Takut akan Tuhan tidak sama dengan takut kepada bahaya atau kepada setan.
Menurut pengertian Wikipedia, takut akan Tuhan merujuk kepada rasa takut atau perasaan hormat, kagum atau pasrah terhadap Tuhan. Para penganut agama monoteistik populer memikirkan ketakutan akan penghakiman ilahi, neraka atau kemahakuasaan Tuhan.

Menurut Amsal 8:13, takut akan Tuhan ialah:

1. Membenci kejahatan.
Membenci sama dengan tidak menyukai, dalam hal ini tidak menyukai atau tidak melakukan kejahatan. Tidak menyukai kisah-kisah kriminal, kemesuman dan perzinahan.

2. Membenci kesombongan/kecongkakan.
Orang yang takut akan Tuhan tidak menyukai kesombongan sehingga akan bersikap rendah hati sebab memberikan penghormatan dan kemuliaan kepada Tuhan.

3. Membenci tingkah laku yang jahat.
Orang yang takut akan Tuhan akan menjauhkan diri dari tingkah laku yang jahat. Mereka akan bertingkah laku yang sesuai dengan firman Tuhan baik dalam pikiran, perkataan maupun perbuatan.

4. Membenci mulut yang penuh tipu muslihat.
Orang yang takut akan Tuhan akan menjaga perkataannya dari segala tipu muslihat, kebohongan dan berbagai perkataan kotor. Hatinya akan dipenuhi dengan kekudusan sehingga perkataannya akan memuliakan Tuhan.

Takut akan Tuhan harus dibangun dan dipelihara setiap hari. Bagaimana caranya? Dengan menjaga diri terhadap pergaulan yang buruk dan mengisi hidup dengan firman Tuhan.
1 Korintus 15:33 (TB)  Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.
2 Timotius 3:16 (TB)  Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.


Marilah senantiasa takut akan Tuhan, sebab Tuhan hadir dan mengetahui segala sesuatu dalam kehidupan kita. Selamat hari Minggu dan selamat beribadah. Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages