Penggenapan Janji Tuhan Atas Ethiopia



Jumat, 24 Juli 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 16-18

Yesaya 18:7 (TB)  Pada waktu itu juga persembahan akan disampaikan kepada TUHAN semesta alam dari kaum yang jangkung dan berkulit mengkilap, dan dari kaum yang ditakuti dekat dan jauh, yakni bangsa yang berkekuatan ulet dan lalim, yang negerinya dilintasi sungai-sungai, ke tempat nama TUHAN semesta alam, yaitu gunung Sion.

Apa yang kita pikirkan tentang Ethiopia? Salah satu negara di Afrika, berkulit hitam, bahkan negeri ini pernah mengalami kelaparan hebat di tahun 1980-an.
Berdasarkan berita dari BBC kita akan melihat kenyataan yang mencengangkan dari Ethiopia.

1. Menjadi kaya dan berkuasa melalui kendali perdagangan di Laut Merah, yang berlangsung dari sekitar abad ke-1 hingga ke-8.

2. Fremnatos - dikenal sebagai Frumentius di Eropa - memperkenalkan agama Kristen, yang diadopsi sebagai agama resmi di 333 Masehi. Sampai saat ini agama Kristen menjadi mayoritas di Ethiopia.

3. Menurut legenda setempat, Ratu Syeba melakukan perjalanan dari Aksum ke Yerusalem untuk mengunjungi Raja Salomo (Sulaiman).

4. Putra mereka (Salomo dan Ratu Syeba), Menelik I, disebut membawa kembali Tabut Perjanjian dari Yerusalem setelah mengunjungi ayahnya.

5. Tidak seorang pun diizinkan melihat Tabut itu di Gereja Our Lady Mary of Zion.

6. Mereja-gereja Kristen Ortodoks harus memiliki tabot, yang merupakan replika Tabut, untuk diakui sebagai tempat ibadah.

7. Reruntuhan kota kuno Aksum adalah Situs Warisan Dunia PBB.

Apa yang terjadi secara rohani dan sejarahnya di Ethiopia sesungguhnya merupakan penggenapan dari Yesaya 18:7. Ethiopia akan menjadi bangsa yang membawa persembahan kepada Tuhan di Sion. Mereka meyakini bahwa mereka menyimpan Tabut Perjanjian sebagai lambang kehadiran Tuhan pada masa Perjanjian Lama. Oleh sebab itu gereja-gereja di Ethiopia memiliki replika Tabut Perjanjian.


Segala yang dinubuatkan Tuhan dalam firman-Nya pasti digenapi. Percayakah Anda bahwa Tuhan juga akan menggenapi janji firman-Nya dalam hidup Anda? Terimalah dan percayalah kepada janji Tuhan, sebab tiada yang mustahil bagi-Nya. Keselamatan, perlindungan, kesembuhan, berkat dan begitu banyak janji Tuhan di Alkitab pasti digenapi. Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages