Tiang Awan Dan Tiang Api


Selasa, 29 Januari 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Keluaran 37-40

Keluaran 40:38 (TB)  Sebab awan TUHAN itu ada di atas Kemah Suci pada siang hari, dan pada malam hari ada api di dalamnya, di depan mata seluruh umat Israel pada setiap tempat mereka berkemah.

Setelah Kemah Suci dibuat sesuai dengan perintah Tuhan, maka kemuliaan Tuhan memenuhi Kemah Suci. Pada waktu siang kemuliaan Tuhan berupa Tiang Awan dan pada waktu malam berupa Tiang Api.

Apa makna Tiang Awan dan Tiang Api dalam kehidupan gereja masa kini?

1. Penyertaan Tuhan
Tuhan hadir di tengah umat-Nya, dalam setiap keadaan baik siang maupun malam Tuhan selalu hadir. Kehadiran-Nya merupakan persekutuan antara Tuhan dengan umat-Nya.

2. Pimpinan Tuhan
Ketika Tiang Awan atau Tiang Api bergerak, maka bangsa Israel membongkar kemah-kemah mereka dan berjalan sampai Tiang Awan atau Tiang Api itu berhenti. Hal ini berbicara tentang pimpinan Tuhan dalam kehidupan kita setiap hari.

3. Perlindungan Tuhan
Tiang Awan melindungi bangsa Israel dari panas terik matahari. Sedangkan Tiang Api melindungi dari kegelapan dan  memberi kehangatan di tengah cuaca malam yang dingin. Hal ini berbicara tentang perlindungan Tuhan dalam kehidupan orang bercaya dalam setiap keadaan.

Bagaimana kita mengalami Tiang Awan dan Tiang Api dalam kehidupan kita?
Melalui persekutuan yang intim dengan Tuhan, kita bisa mendengar dan mengalami pimpinan Tuhan dalam kehidupan setiap hari. Kita bisa mendengar suara-Nya, mengalami pimpinan dan perlindungan Tuhan setiap hari. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages