Mengikuti Teladan Yang Baik


Kamis, 10 Januari 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 28-30

Kejadian 28:22 (TB)  Dan batu yang kudirikan sebagai tugu ini akan menjadi rumah Allah. Dari segala sesuatu yang Engkau berikan kepadaku akan selalu kupersembahkan sepersepuluh kepada-Mu."

Warisan terbaik yang bisa diberikan orang tua kepada anak-anaknya adalah keteladanan. Berikut ini kita akan melihat perbuatan Yakub dalam meneladani pendahulunya.

1. Membangun mezbah
Mezbah berbicara mengenai penyembahan, persekutuan atau hubungan pribadi dengan Tuhan.

A. Abraham membangun mezbah.
Kejadian 12:8 (TB)  Kemudian ia pindah dari situ ke pegunungan di sebelah timur Betel. Ia memasang kemahnya dengan Betel di sebelah barat dan Ai di sebelah timur, lalu ia mendirikan di situ mezbah bagi TUHAN dan memanggil nama TUHAN.

B. Ishak membangun mezbah
Kejadian 26:25 (TB)  Sesudah itu Ishak mendirikan mezbah di situ dan memanggil nama TUHAN. Ia memasang kemahnya di situ, lalu hamba-hambanya menggali sumur di situ.

C. Yakub membangun mezbah
Kejadian 33:20 (TB)  Ia mendirikan mezbah di situ dan dinamainya itu: "Allah Israel ialah Allah."

2. Memberikan persepuluhan
Persepuluhan yaitu sepersepuluh dari berkat yang Tuhan percayakan adalah milik Tuhan sehingga sudah seharusnya dikembalikan kepada Tuhan. Persepuluhan berbicara tentang ketaatan dan penghormatan kepada Tuhan yang telah memberkati kehidupan kita.

A. Abraham memberikan persepuluhan
Kejadian 14:20 (TB)  dan terpujilah Allah Yang Mahatinggi, yang telah menyerahkan musuhmu ke tanganmu." Lalu Abram memberikan kepadanya sepersepuluh dari semuanya.

B. Yakub memberikan persepuluhan
Kejadian 28:22 (TB)  Dan batu yang kudirikan sebagai tugu ini akan menjadi rumah Allah. Dari segala sesuatu yang Engkau berikan kepadaku akan selalu kupersembahkan sepersepuluh kepada-Mu."

Meskipun tidak dicatat bagaimana Ishak memberikan persepuluhan, tetapi Yakub pasti meneladani apa yang diperbuat Ishak ayahnya dalam memberikan persepuluhan. Sebab Yakub lahir pada saat Abraham (kakeknya) sudah meninggal.

Cara terbaik mendidik anak-anak adalah dengan meninggalkan teladan yang baik bagi mereka.

Filipi 3:17 (TB)  Saudara-saudara, ikutilah teladanku dan perhatikanlah mereka, yang hidup sama seperti kami yang menjadi teladanmu.

Sebagai jemaat, kita juga dapat meneladani para pemimpin rohani yang Tuhan tempatkan untuk menggembalakan dan melayani kita.
Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages