Memberi Sampai Lebih Dari Cukup


Senin, 28 Januari 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Keluaran 34-36

Keluaran 36:5 (TB)  dan berkata kepada Musa: "Rakyat membawa lebih banyak dari yang diperlukan untuk mengerjakan pekerjaan yang diperintahkan TUHAN untuk dilakukan."

Kisah menarik tentang pembangunan Kemah Musa adalah persembahan khusus dan sukarela dari orang-orang Israel lebih dari cukup bahkan berlebih sehingga Musa harus menghentikan orang-orang yang datang membawa persembahan.

Apa saja yang diberikan oleh orang Israel untuk membangun Kemah Pertemuan?

1. Keahlian
Bezaleel dan Aholiab yang telah diberikan Tuhan kepandaian untuk mengajar dan keahlian untuk mengerjakan pekerjaan.
Namun bangsa Israel yang tergerak hatinya juga datang untuk membantu. Bezaleel dan Aholiab mengajar mereka untuk melakukan pekerjaan bagi Tuhan.
Pelajaran: setiap jemaat saat ini mempunyai banyak talenta / kecakapan. Kita bisa melayani Tuhan melayani talenta yang Tuhan percayakan kepada kita. Ada yang memiliki keahlian tukang, seni (artistik), memasak, membantu dengan tenaga, memimpin, bisnis dan sebagainya.

2. Harta benda
Orang Israel setiap pagi datang dengan membawa persembahan khusus (sukarela). Barang-barang yang dipersembahkan di antaranya adalah kain ungu, kain kirmizi, kain lenan halus, permata, rempah-rempah dan minyak urapan. Mereka terus membawa persembahan sukarela sampai Musa menghentikan karena sudah lebih dari cukup.
Pelajaran: kita bisa memuliakan Tuhan dengan harta benda yang Tuhan percayakan.
Amsal 3:9 (TB)  Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu.

Sungguh alangkah indahnya apabila umat Tuhan datang kepada Tuhan dengan membawa talenta dan harta benda mereka. Rumah Tuhan tidak akan kekurangan sumber daya dan sumber dana. Doa kita, Tuhan senantiasa memberkati gereja-Nya dan memakai setiap jemaat untuk menjadi berkat. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages