Penyertaan Tuhan Di Masa Sukar


Minggu, 13 Januari 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 37-39

Kejadian 39:2 (TB)  Tetapi TUHAN menyertai Yusuf, sehingga ia menjadi seorang yang selalu berhasil dalam pekerjaannya; maka tinggallah ia di rumah tuannya, orang Mesir itu.

Yusuf mengalami penyertaan Tuhan pada masa kesukaran.

1. Ketika dijual menjadi budak di Mesir.
Saudara-saudaranya menjual Yusuf kepada kafilah Midian dan membawanya ke Mesir. Yusuf dibeli oleh Potifar seorang pegawai istana Firaun. Sebagai seorang budak tentu Yusuf melakukan pekerjaan kasar dan berat. Hal ini bertolak belakang dengan keadaan sebelumnya sebagai anak kesayangan Israel. Tetapi oleh penyertaan Tuhan-lah yang selalu membuat Yusuf berhasil dalam pekerjaannya dan dipercaya oleh tuannya.

Kejadian 39:3-4 (TB)  Setelah dilihat oleh tuannya, bahwa Yusuf disertai TUHAN dan bahwa TUHAN membuat berhasil segala sesuatu yang dikerjakannya,
maka Yusuf mendapat kasih tuannya, dan ia boleh melayani dia; kepada Yusuf diberikannya kuasa atas rumahnya dan segala miliknya diserahkannya pada kekuasaan Yusuf.

2. Ketika difitnah dan dimasukkan ke dalam penjara.
Yusuf seorang yang takut akan Tuhan, ia tidak tergoda oleh bujukan istri Potifar untuk tidur dengannya. Istri Potifar memfitnah Yusuf dan Potifar memasukkan Yusuf ke dalam penjara. Ini keadaan yang paling sukar bagi Yusuf. Sebagai seorang tahanan ia sama sekali tidak memiliki kebebasan, dianiaya dan semua dalam keadaan terbatas. Tetapi sekali lagi penyertaan Tuhan membuat Yusuf senantiasa berhasil melewati masa-masa yang sukar.

Kejadian 39:21-23 (TB)  Tetapi TUHAN menyertai Yusuf dan melimpahkan kasih setia-Nya kepadanya, dan membuat Yusuf kesayangan bagi kepala penjara itu. Sebab itu kepala penjara mempercayakan semua tahanan dalam penjara itu kepada Yusuf, dan segala pekerjaan yang harus dilakukan di situ, dialah yang mengurusnya.
Dan kepala penjara tidak mencampuri segala yang dipercayakannya kepada Yusuf, karena TUHAN menyertai dia dan apa yang dikerjakannya dibuat TUHAN berhasil.

Apakah Anda sedang mengalami masa-masa yang sukar? Janganlah sedih, takut dan kuatir. Takutlah akan Tuhan dan percayalah kepada-Nya. Penyertaan Tuhan akan membuat Anda menjadi orang yang berhasil sekalipun harus melewati masa-masa yang sukar. Selamat hari Minggu dan selamat beribadah. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages