Jangan Biarkan Apimu Padam


Kamis, 31 Januari 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Imamat 4-6

Imamat 6:13 (TB)  Harus dijaga supaya api tetap menyala di atas mezbah, janganlah dibiarkan padam."

Mezbah dalam pengertian Perjanjian Baru adalah persekutuan dengan Tuhan dan api merepresentasikan kehadiran Tuhan dalam kehidupan orang percaya. Api adalah salah satu lambang daripada Roh Kudus.

Beberapa hal yang membuat api bisa padam, antara lain:

1. Kehidupan dalam dosa
1 Yohanes 1:6 (TB)  Jika kita katakan, bahwa kita beroleh persekutuan dengan Dia, namun kita hidup di dalam kegelapan, kita berdusta dan kita tidak melakukan kebenaran.

Dosa adalah musuh kebenaran, kegelapan adalah musuh dari terang. Jika seseorang hidup dalam dosa, dengan sendirinya ia melawan kebenaran. Dosa adalah meleset dari sasaran, bahkan memberontak kepada Tuhan.

2. Kepahitan
Yohanes 16:1 (TB)  "Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku.

Di setiap pelita selalu ada jelaga, tetapi orang yang bijaksana selalu membersihkan jelaga pada pelitanya sehingga pelitanya tetap menyala dengan terang. Setiap kekecewaan bagaikan jelaga, apabila tidak dibersihkan menjadi kepahitan yang dapat memadamkan api Roh Kudus. Tidak ada lagi semangat rohani karena kepahitan telah menutupi kerinduannya kepada Tuhan. Tidak ada jaminan hidup tidak pernah kecewa, tetapi jika kita mengucap syukur dan mengampuni maka kekecewaan dan kepahitan akan lenyap.

3. Kemalasan
Amsal 19:15 (TB)  Kemalasan mendatangkan tidur nyenyak, dan orang yang lamban akan menderita lapar.

Orang yang malas tidak menyukai tantangan, lebih suka memanjakan diri dan tidak mau melakukan sesuatu untuk Tuhan. Itulah sebabnya rohnya menjadi padam dan tidak lagi memiliki gairah untuk Tuhan.

Paulus menasehatkan agar setiap orang percaya memiliki roh yang menyala-nyala.
Roma 12:11 (TB)  Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.

Akhir zaman semakin mendekat, bahkan kita juga tidak tahu kapan hari terakhir kita di dunia. Oleh sebab itu jagalah api persekutuan kita dengan Tuhan. Jangan sampai ketika Tuhan memanggil, api rohani kita telah padam. Jauhilah kehidupan dosa, kepahitan dan kemalasan. Sebaliknya biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan. Amin. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages