Kehilangan Satu Jiwa


Rabu, 9 Januari 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 25-27

Kejadian 27:43-45 (TB)  Jadi sekarang, anakku, dengarkanlah perkataanku, bersiaplah engkau dan larilah kepada Laban, saudaraku, ke Haran,
dan tinggallah padanya beberapa waktu lamanya, sampai kegeraman
dan kemarahan kakakmu itu surut dari padamu, dan ia lupa apa yang telah engkau perbuat kepadanya; kemudian aku akan menyuruh orang menjemput engkau dari situ. Mengapa aku akan kehilangan kamu berdua pada satu hari juga?"

Menarik untuk mempelajari perkataan Ribka kepada Yakub, "Mengapa aku akan kehilangan kamu berdua pada satu hari yang sama?" Bukanlah Esau dan Yakub masih hidup? Jika Esau benar-benar membunuh Yakub, bukanlah ia masih memiliki Esau, satu anak yang masih hidup? Mengapa Ribka akan kehilangan kedua anaknya?

Berikut renungan yang bisa menjadi berkat sekaligus peringatan bagi kita.

1. Esau mengambil isteri perempuan-perempuan Het.
Esau bukan hanya mengambil isteri satu perempuan tetapi beberapa perempuan. Mereka yang diperistri Esau berasal dari bangsa Het, yaitu suku yang diam di Kanaan atau suku yang tidak mengenal Tuhan. Ribka telah jemu dengan kelakuan para perempuan itu, artinya bukan saja tidak mengenal Tuhan tetapi juga memiliki karakter dan kebiasaan yang buruk. Karakter dan kebiasaan buruk tersebut juga menular kepada Esau sehingga ia memiliki perangai yang keras dan tidak taat kepada Tuhan.
Meskipun Esau masih hidup tetapi Ribka merasakan bahwa ia telah kehilangan jiwa Esau yang tidak mau taat lagi kepada Tuhan.

2. Kemungkinan Esau membunuh Yakub.
Kebencian dan dendam kesumat yang ada dalam diri Esau untuk membunuh Yakub, itulah yang ditakutkan oleh Ribka. Jikalau sampai terjadi maka Ribka benar-benar kehilangan Yakub, anak yang dikasihinya karena dibunuh oleh Esau. Jadi Ribka kehilangan dua anaknya, Esau karena meninggalkan iman kepada Tuhan dan Yakub karena mati dibunuh.

3. Kemungkinan ketiga Yakub memperistri perempuan Het.
Seandainya Esau tidak membunuh Yakub, Ribka tetap merasa kehilangan Yakub apabila ia kawin dengan perempuan Het. Artinya Yakub meninggalkan imannya dan mengikuti kebiasaan suku Het yang tidak percaya kepada Tuhan. Dalam hal ini Ribka kehilangan baik Esau maupun Yakub karena kedua-duanya memperistri para perempuan Het.

Apa yang dilakukan Ribka untuk menghindari kehilangan kedua anaknya?
Ribka mengirim Yakub kepada Laban, saudaranya. Laban masih kerabat daripada Abraham, adalah bangsa atau keluarga yang mengenal Allah.
Tujuannya adalah:
1. Supaya Esau tidak membunuh Yakub, sampai kemarahan Esau surut sehingga Yakub suatu saat bisa kembali.
2. Yakub mendapatkan isteri dari keluarga Laban yang takut akan Tuhan.
Dalam kisah ini kita melihat kebijaksanaan Ribka yang luar biasa. Ia tidak mau kehilangan jiwa anak-anaknya karena memperistri perempuan-perempuan yang tidak percaya kepada Tuhan.

2 Korintus 6:14 (TB)  Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?

Pelajaran hari ini:
1. Bagi para single berdoalah dan tetap setia menantikan jodoh yang sepadan dan seiman di dalam Tuhan.
2. Bagi para orang tua lindungilah anak-anak Anda dan bimbinglah mereka menemukan jodoh yang seiman.
Seandainya telah terjadi kita kehilangan jiwa anak-anak kita, mintalah pengampunan Tuhan, berdoalah dengan tekun untuk pertobatan dan keselamatan bagi anak-anak Anda.
Biarlah renungan hari ini menjadi berkat bagi kita. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages