Identitas Yang Baru


Sabtu, 12 Januari 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 34-36

Kejadian 35:10 (TB)  Firman Allah kepadanya: "Namamu Yakub; dari sekarang namamu bukan lagi Yakub, melainkan Israel, itulah yang akan menjadi namamu." Maka Allah menamai dia Israel.

Yakub mengalami perubahan identitas ketika berjumpa dengan Tuhan. Pergumulan dengan Malaikat Tuhan (Theofani) membuahkan kemenangan sehingga akhirnya ia diberkati dan mendapatkan nama yang baru yaitu Israel.

1. Identitas yang lama

A. Nama Yakub berarti penipu.
Yakub bersaing dengan Esau dan dengan segala cara ia berusaha mengalahkan Esau. Ia menipu Esau dengan memberikan sup kacang merah, sehingga Esau menjual hak kesulungan. Berkonspirasi dengan ibunya ia menipu Ishak sehingga Ishak memberikan berkat yang terbaik untuk Yakub.

B. Nama Yakub berarti pecundang.
Yakub terlahir sebagai anak kembar bersama Esau. Dalam proses kelahiran, keduanya berjuang untuk menjadi pemenang. Akhirnya Esau yang menjadi pemenang dan lahir lebih dulu. Yakub tidak rela sehingga ia memegang tumit Esau. Ia kalah secara terpaksa, hatinya tidak "legowo".

Sungguh tidak nyaman apabila seseorang diberikan nama atau identitas yang buruk. Itulah Yakub yang berarti penipu dan pecundang.
Tetapi Yakub tidak berdiam diri, ia terus berjuang dan ia bergumul dengan Tuhan agar memberkatinya. Yakub menang dan akhirnya ia diberkati dan diberikan identitas yang baru.

2. Identitas yang baru

A. Nama Israel berarti hamba (anak) Tuhan.
Sebagai seorang "anak Tuhan" Israel mendapatkan hak dan perlakuan istimewa. Tuhan memelihara bangsa Israel dengan mujizat-mujizat di Mesir dan penyertaan di padang gurun. Israel adalah bangsa perjanjian yang akan menjadi berkat bagi bangsa-bangsa. Israel melahirkan 12 suku yang berkembang dan menaklukkan bangsa-bangsa. Sebagai seorang anak, Israel menerima warisan (berkat) dari Tuhan.

B. Nama Israel berarti prajurit (berjuang) bersama Tuhan.
Israel mendapatkan berkat dan kemenangan atas musuh-musuhnya. Israel menaklukan musuh-musuhnya di tanah Kanaan. Tuhan sendiri yang menyertai perjalanan bangsa Israel.
Israel telah berubah dari pecundang menjadi pemenang.

Sesungguhnya setiap orang percaya adalah Israel rohani, kita adalah umat perjanjian Allah.
Yang patut kita renungkan pagi ini, apakah ada identitas lama yang perlu diperbaharui? Apakah ada nama atau kesan buruk dalam hidup kita? Apakah Anda merasa sebagai orang yang buruk, sial, selalu gagal dan tidak percaya diri?
Berkat Tuhan hari ini adalah ... ketika Anda berjumpa dengan Tuhan Anda adalah pribadi yang baru.

2 Korintus 5:17 (TB)  Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

Kenakanlah identitas baru Anda dan berjuanglah untuk meraih semua janji dan berkat Tuhan yang disediakan bagi Anda. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages