Berkat Dalam Ibadah

Kamis, 24 Januari 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Keluaran 22-24

Keluaran 23:25 (TB)  Tetapi kamu harus beribadah kepada TUHAN, Allahmu; maka Ia akan memberkati roti makananmu dan air minumanmu dan Aku akan menjauhkan penyakit dari tengah-tengahmu.

Sejak semula Tuhan mendesain ibadah sebagai pertemuan untuk memberkati umat-Nya. Tetapi di zaman modern ini banyak orang yang memandang ringan dalam hal ibadah sehingga dengan mudah melalaikan ibadah demi kegiatan atau acara lain yang sebenarnya bisa ditunda atau dialihkan.

Berdasarkan Keluaran 23:25-26 kita menemukan berkat yang Tuhan sediakan melalui ibadah, yaitu:

1. Memberkati kebutuhan kita
Dalam ayat 25 disebutkan bahwa Tuhan akan memberkati "roti makananmu dan air minumanmu". Hal ini memiliki pengertian yaitu semua kebutuhan dasar kita atau kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi.

2. Melindungi kehidupan kita
Dalam ayat 25 disebutkan juga bahwa Tuhan akan "menjauhkan penyakit dari tengah-tengahmu". Penyakit di sini bisa berarti luas, bukan hanya penyakit yang menyerang tubuh, tetapi juga "penyakit" yang dapat menyerang usaha pekerjaan, keuangan, maupun hubungan.

3. Menjadikan hidup kita produktif
Keluaran 23:26 (TB)  Tidak akan ada di negerimu perempuan yang keguguran atau mandul. Aku akan menggenapkan tahun umurmu.
Produktif yang dimaksud di sini bukan saja diberkati dengan anak cucu tetapi juga berhasil dan menjadi berkat.

Teringat akan kata mutiara dari Marthin Luther "Saya dapat melakukan pekerjaan yang jauh lebih banyak jika saya memberikan tiga jam pertama setiap hari dalam doa." Manusia duniawi berpikir jika banyak waktu digunakan untuk ibadah maka waktu untuk bekerja menjadi berkurang sehingga hasilnya sedikit. Tetapi manusia rohani percaya, jika setia beribadah maka Tuhan akan bekerja bersamanya, sehingga ia akan lebih produktif dan menghasilkan lebih banyak.

Ibrani 10:25 (TB)  Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.

Jangan menggantikan ibadah dengan bekerja untuk mengejar setoran. Jangan menggantikan ibadah dengan resepsi, rekreasi atau tugas lain yang sebenarnya bisa kita atur jadwalnya. Sesungguhnya Tuhan mendesain ibadah untuk memberkati ibadah dalam segala hal. Mengapa di akhir ibadah selalu ada doa berkat? Doa berkat diucapkan dan diaminkan oleh jemaat, sesungguhnya kita percaya ada berkat yang besar jika kita setia beribadah kepada Tuhan. Amin. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages